Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

LDII Kota Depok Dorong Generasi Muda Profesional dalam Jurnalistik

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 06 Juni 2023, 05:16:20

Depok (6/6). LDII News Network (LINES) dan Pramuka SAKO SPN Kota Depok yang bernaung di bawah DPD LDII Kota Depok mengadakan pelatihan jurnalistik pada 1-3 Juni 2023. Kegiatan tersebut bertempat di Gedung Hadits Kutubussittah, Depok, Jawa Barat pada Sabtu (3/6).

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada generasi mua LDII tentang jurnalistik sekaligus menjadi salah satu ilmu dan praktek dalam menyosialisasikan kegiatan (dakwah) LDII,” tutur Ketua DPD LDII Kota Depok, H. Choirul Baihaqi saat menghadiri kegiatan tersebut.

Menurutnya, kegiatan ini dapat menjadi kesempatan bagi Generasi Muda LDII untuk membangun karirnya bidang Jurnalistik dan Kehumasan dengan banyak media baik di masyarakat maupun internal LDII dalam. Adapun pelatihan ini meliputi pelatihan penulisan berita, desain grafis, voice over, editor, fotografi dan videografi.

“Dan juga pelatihan jurnalistik ini memberikan satu keahlian bagi peserta untuk bisa menjadikan sumberdaya manusia yang tangguh dan berkompeten dalam bidang jurnalistik, baik untuk mencari maisyah maupun kesempatan lain sehingga lebih mandiri,” imbuhnya.

Senada dengan Baihaqi, Ketua Bagian Komunikasi, Informasi, dan Media (KIM) DPD LDII Kota Depok, H. Abdullah Ridho Riyadi mengatakan pelatihan yang didominasi dengan praktek itu, dapat mendorong kompetensi kreatif generasi muda dengan berkarya di era media digital.

“Kami mengharapkan teman-teman bisa menghasilkan sebuah karya, gambar maupun video yang dapat diunggah di platform yang tersedia, sehingga bisa terus menggaungkan berita positif dan lambat laun menghilangkan berita hoax di media sosial,” ujar Riyadi.

Selain itu, Riyadi menjelaskan peran vital dari para peserta pelatihan tersebut untuk menjadi ujung tombak untuk melahirkan generasi muda LDII yang Profesional dan Religius dalam bidang Jurnalistik. “Para peserta yang sudah mendapatkan pelatihan bisa menerapkan secara praktek dan teori dengan sebaik-baiknya di tingkat PC, PAC, dan DPD,” lanjut Riyadi.

Pelatihan bertajuk “Jurnalistik sebagai Media Dakwah” tersebut diikuti oleh puluhan Generasi Muda LDII yang mewakili masing-masing PC dan PAC se-Kota Depok. Salah satu peserta pelatihan, Ryan Prasetiawan mengungkapkan antusiasmenya dalam serangkaian acara tersebut.

“Kesan saya terhadap pelatihan ini acara yang bagus karena melibatkan generasi muda LDII untuk belajar dunia Jurnalistik. Menurut saya banyak ilmu yang bisa kita serap dari para narasumber,” pungkas Ryan.

Pelatihan tersebut menghadirkan pemateri dari LINES DPW LDII Jawa Barat, Rusdy Nurdiansyah dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Feru Lantara wartawan kantor berita Antara, dan Iqbal Muhammad General Manager Radar Depok. (Listya/KIM*)

The post LDII Kota Depok Dorong Generasi Muda Profesional dalam Jurnalistik appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/ldii-kota-depok-dorong-generasi-muda-profesional-dalam-jurnalistik/

built with : https://erahajj.co.id