Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Ponpes Millenium Alfiena Helat Simulasi Manasik Haji dan Umrah

Kategori : LDII News, Nasional, Ditulis pada : 28 Mei 2023, 09:30:45

Nganjuk (28/5). Mendekati bulan haji sekaligus melaksanakan agenda tahunan, Pondok Pesantren (Ponpes) Millenium Alfiena, Lengkong, Nganjuk, Jawa Timur mengadakan Simulasi Manasik Haji dan Umroh. Acara tersebut menghadirkan Pengasuh Pondok Pesantren Al Ubaidah, Habib Ubaidillah Al Hasaniy, pada Kamis (25/5).

Dalam acara tersebut, Ketua Ponpes Millenium Alfiena KH Didik Suprapto, mengajak seluruh peserta simulasi manasik bersama-sama melantunkan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Ia menyampaikan harapan agar program ini bisa secara rutin dilaksanakan, sebagai implementasi ilmu yang telah disampaikan di pondok pesantren.

Menanggapi pimpinan Ponpes Millenium Alfiena, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Nganjuk mengungkapkan apresiasinya kepada para santri yang telah ikut mendukung kemajuan SDM Nganjuk. Ia juga menyampaikan pesan dari Bupati yang berhalangan hadir, bahwa peran pondok di tengah masyarakat sangat penting.

Bupati berpesan agar kualitas para santri terus ditingkatkan, salah satunya melalui kegiatan manasik, “Semoga pondok ini juga bisa partisipasi turut serta menjaga persatuan dan kesatuan di kabupaten Nganjuk khususnya, dan Indonesia pada umumnya untuk menghadapi pemilu tahun 2024,” ujarnya.

Dari serangkaian acara yang dibimbing langsung oleh Habib Ubaidillah Alhasaniy, seluruh peserta bisa dengan hikmat mengikuti seluruh prosesi manasik. Habib menyampaikan bahwa sangat memungkinkan di kemudian hari para santri bisa menjadi pembimbing haji dan umrah. Atau paling tidak bisa mengajarkan pada generasi selanjutnya, “Maka acara ini penting untuk terus diadakan,” ungkap Habib Ubaid.

Berkaitan dengan politik para santri supaya menjaga persatuan dan kesatuan, “Indonesia sejak berdiri satu maka sampai hari kiamat juga jadi satu. Walaupun berbeda agama, ras, suku, kultur, budaya, tapi hatinya harus punya tekad, bahwa indonesia harus jadi satu kesatuan,” tegasnya.

Tidak ketinggalan dari Ketua DPD LDII kabupaten Nganjuk Murkani ia mengatakan acara yang dihelat Ponpes Millenium Alfiena merupakan contoh praktek yang luar biasa, “Seakan-akan bisa kita laksanakan di Mekkah-Madinah, diharapkan setelah praktek para santri bisa memberikan ilmunya kepada masyarakat,” imbuhnya.

Mengomentari penyelanggaraan manasih haji dan umrah, Camat Lengkong Syauqi Nazely Muttik menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut bisa menambah wawasan ilmu untuk para hadirin, banyak ilmu-ilmu yang diterima.

“Pondok yang banyak mencetak generasi penerus untuk bangsa harus ditanamkan jiwa nasionalisme dan patriotisme. Jangan sampai ilmu yang telah didapatkan dipengaruhi kepahaman yang berseberangan dengan nilai patriotisme dan Pancasila,” tutur Syauqi.

Ia mengingatkan pelajaran dari Bung Karno, untuk mengamalkan bersama rasa kebangsaan, persatuan dan kesatuan. Terhindar dari perpecahan, radikalisme, terorisme, “Diharapkan para santri setelah lulus menjadi perekat pemersatu bangsa. Di manapun berada bisa menjadi suri teladan bagi masyarakat sekitar,” imbuhnya.

Di era millennial sekarang ini peran dari Ponpes dalam membangun karakter santrinya menjadi sangat penting. Mereka memiliki andil dalam pembangunan negeri di berbagai bidang, yang tidak hanya mengandalkan pengetahuan umum, namun juga memiliki rasa toleransi yang tinggi antar umat. Untuk mendukung perkembangan dan keberlangsungan pembangunan negeri pada masa mendatang.

Acara tersebut dihadiri pula Kanit Reskrim Polsek Lengkong Peltu Agung Kartika, Danramil 0810/13 Lengkong Bati Tuud, dan Kepala Desa Lengkong Pipit Teguh Harianto.

The post Ponpes Millenium Alfiena Helat Simulasi Manasik Haji dan Umrah appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/ponpes-millenium-alfiena-helat-simulasi-manasik-haji-dan-umrah/

built with : https://erahajj.co.id