Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Webinar Kebangsaan: Ormas Jadi Corong Kebaikan Untuk Indonesia Maju

Kategori : LDII News, Nasional, Ditulis pada : 20 Februari 2021, 06:00:35

Jakarta (20/02). DPP LDII menggelar Webinar Kebangsaan sebagai salah satu rangkaian Munas IX yang akan datang, hari ini Sabtu (20/02). Ketua DPP LDII Chriswanto Santoso mengatakan, ormas khususnya LDII dapat menjadi corong kebaikan agar Indonesia lebih maju dan masalah kebangsaan dapat teratasi.

“LDII bergerak sebagai salah satu ormas yang memiliki tanggung jawab menyelesaikan masalah bangsa dan berinteraksi sosial dengan masyarakat,” katanya.

Heterogenitas adalah sebuah keniscayaan, sebuah kenyataan yang tidak bisa dihindari di Indonesia. Masalah kebangsaan menjadi masalah yang penting bagi LDII, karena stabilitas Indonesia adalah hal yang fundamental juga dalam pelaksanaan ibadah dan dakwah yang baik.

Penyelenggaraan webinar ini, menurut Chriswanto agar menyatukan kesepahaman antara seluruh stakeholder yang ada, sehingga membangun Indonesia lebih baik. Berdasarkan asas-asas yang disepakati yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika, hal ini menjadi bagian yang terus-menerus didakwahkan LDII.

Negara Indonesia yang dibentuk atas dasar perbedaan memiliki heterogenitas tinggi dengan banyak pulau, bangsa, suku, bahasa. Hal ini dapat merujuk ke masalah sosial yang tinggi jika tidak tertangani.

Disinilah peran ormas bekerja, memperkaya wawasan dengan harapan dapat menyamakan visi dalam negara dan kebangsaan.

Melalui webinar yang bertemakan “Peran Ormas Islam Dalam Memperkokoh Nilai2 Kebangsaan di Masa Pandemi”, Chriswanto berharap LDII akan terus memberikan kontribusi nyata kepada Indonesia.

Chriswanto juga mengapresiasi kehadiran dan arahan para narasumber yang memberikan insight kepada para peserta webinar sebagai gambaran diskusi lanjutan dalam Munas IX 2021 nantinya.

Webinar ini adalah salah satu rangkaian webinar pra Munas dengan delapan hal pembahasan yakni mengenai kebangsaan, keagamaan, pembentukan SDM berkarakter, perekonomian terutama setelah pandemi, mengenai kesehatan dengan pengobatan herbal, serta pembahasan energi baru dan terbarukan.

Sementara itu Sri Hayati, perwakilan Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri mengatakan bahwa peran ormas dari sejak era kebangkitan nasional hingga kini, aktif memberikan sumbangsih kebangsaan. Organisasi selalu melekat dalam sejarah bangsa Indonesia.

Ormas diharapkan mengatur rumah tangga-nya sendiri, memperoleh hak kekayaan intelektual, memperjuangkan cita-cita ormas, mendapat perlindungan hukum, melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan ormas.

“Dalam hal ini, LDII sudah melaksanakan kerjasama dan juga kewenangan ormas, seperti yang disebut oleh Ketua Umum,” ujar Sri mengatakan.

Ia juga menjelaskan identifikasi peran ormas dalam pembangunan yakni mendorong kepentingan bersama dan berperan sebagai pintu interaksi masyarakat dan pemerintah.

Tanpa ormas, pemerintah tidak bisa berjalan dengan baik, dimana bisa menyampaikan aspirasi, menyampaikan kesejahteraan, dan menjadi kekuatan sosial sebagai kontrol konstruktif.


Sumber berita : https://ldii.or.id/webinar-kebangsaan-ormas-jadi-corong-kebaikan-untuk-indonesia-maju/

built with : https://erahajj.co.id