Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Kemping CAI Jadi Cara LDII Tegal Bumikan Enam Tabiat Luhur

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 23 Juli 2023, 06:58:54

Tegal (23/7). Satuan Komunitas Cabang Sekawan Persada Nusantara (Sakocab SPN) Kabupaten Tegal yang bernaung di bawah DPD LDII Tegal, menyelenggarakan Perkemahan Akhir Tahun (Permata) dengan tema “Cinta Alam Indonesia” (CAI).

Kegiatan kemping Permata CAI 2022/2023 itu berlangsung selama dua hari tiga malam, dimulai pada 14 hingga 16 Juli 2023, dan bertempat di kompleks Kantor DPD LDII Kabupaten Tegal.

Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Hukum Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Kepramukaan Kabupaten Tegal, Agus Subagyo mengapresiasi panitia atas keberhasilannya dalam menyelenggarakan perkemahan kepramukaan dengan tema Cinta Alam Indonesia, “Permata CAI menjadi wadah bagi para peserta untuk mengisi liburan dengan kegiatan-kegiatan positif dan bermanfaat,” ujarnya.

Agus mengatakan, tema “Cinta Alam Indonesia” dipilih sebagai cara untuk menginspirasi para peserta untuk lebih mengagumi dan mencintai alam. Keindahan alam merupakan salah satu cara bagi kita untuk memuji kebesaran Allah SWT, selain melalui ibadah dan berkomunikasi dengan Allah SWT, “Melalui kegiatan-kegiatan di Permata CAI, peserta diajak untuk lebih mendekatkan diri dengan alam dan memahami pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar,” katanya.

Ia menyebut, kegiatan Perkemahan Akhir Tahun (Permata) ini menjadi momen yang berharga bagi para peserta. “Selama dua hari tiga malam, mereka mengikuti berbagai kegiatan kepramukaan yang penuh dengan nilai-nilai positif, seperti belajar tentang kehidupan alam, keterampilan bertahan di alam terbuka, team building, penanaman pohon, dan berbagai kegiatan sosial lainnya,” sebutnya.

Selain itu, Ketua Pim Sakocab SPN Kabupaten Tegal, Suharto mengatakan Permata CAI adalah salah satu upaya nyata dari LDII Tegal, untuk menanamkan nilai-nilai kepramukaan yang berfokus pada enam Thobiat Luhur, yaitu rukun, kompak, kerja sama yang baik, jujur, amanat, dan mujhid muzhid (kerja keras dan berhemat), “Keenam karakter luhur ini menjadi pondasi dalam membentuk generasi penerus bangsa yang berintegritas dan berakhlak mulia,” tuturnya.

Kegiatan kepramukaan ini menjadi sarana bagi LDII Tegal untuk secara gencar menanamkan nilai tabiat luhur kepada para generasi penerus bangsa, “Dalam suasana perkemahan yang penuh semangat dan kebersamaan, para peserta diajak untuk aktif berpartisipasi dalam berbagai kegiatan yang menuntut kekompakan, kerjasama tim, kejujuran, dan tanggung jawab,” ujarnya.

Ia menyampaikan bahwa LDII Tegal berkomitmen untuk terus mendukung dan menggelar kegiatan-kegiatan positif seperti Permata CAI, “Kegiatan ini merupakan bagian dari usaha LDII Tegal untuk berperan aktif dalam membentuk karakter bangsa dan generasi penerus yang berkualitas,” katanya.

Melalui kegiatan Permata CAI 2022/2023, Suharto mengharapkan, para peserta dapat menjadi pribadi yang memiliki integritas, kejujuran, dan rasa tanggung jawab terhadap bangsa dan tanah air, “Semangat kepramukaan dan nilai-nilai luhur yang ditanamkan pada acara ini diharapkan akan terus menginspirasi para peserta dalam kehidupan sehari-hari serta menjadi agen perubahan yang positif dalam masyarakat,” pungkasnya. (FWI/LINES)

The post Kemping CAI Jadi Cara LDII Tegal Bumikan Enam Tabiat Luhur appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/kemping-cai-jadi-cara-ldii-tegal-bumikan-enam-tabiat-luhur/

built with : https://erahajj.co.id