Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Kemenag Wonogiri Dorong Kemudahan dan Percepatan Jaminan Produk Halal

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 13 Juni 2023, 08:50:27

Wonogiri (13/6). Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, menggelar workshop “Jaminan Produk Halal bagi pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK), pada Jumat (9/6). Acara tersebut dihadiri oleh 120 orang pelaku UMK di Wonogiri.

Workshop tersebut merupakan kerjasama Lembaga Pendamping Proses Produksi Halal (LP3H), Kemenag Wonogiri dengan Komisi VIII DPR-RI turut dihadiri anggota Komisi VIII DPR-RI, Endang Maria Astuti.

Kolaborasi tiga lembaga ini dilakukan dengan sosialisasi dan edukasi program sertifikasi halal gratis (Sehati). Endang mengatakan pelaku usaha memiliki hak yaitu mendapatkan informasi, edukasi dan sosialisasi tentang jaminan produk halal.

“Melalui kegiatan workshop ini sangat penting karena merupakan upaya memberikan pemahaman kepada pelaku usaha supaya bisa melaksanakan program sertifikasi halal ini,” kata Endang yang juga warga LDII Wonogiri.

Ia juga mengingatkan kepada para pelaku usaha bahwa produk yang jalan akan sangat berpengaruh terhadap kehidupan. Indonesia mewajibkan produk dari luar negeri yang masuk harus bersertifikasi halal. “Mengingat di akhir tahun 2024 nanti akan diberikan sanksi bagi yang belum memiliki sertifikat halal untuk usahanya,” tambah salah satu Majlis Pakar DPP LDII itu.

Harapannya, melalui kegiatan ini para pelaku usaha dapat memperoleh pemahaman yang dibutuhkan terkait pelayanan sertifikasi halal pemerintah. Dengan begitu, mereka dapat segera mengurus pengajuan sertifikat halal melalui layanan yang saat ini dilaksanakan secara lebih cepat, efisien dan biayanya terjangkau bahkan gratis.

Sementara itu, Kepala Kemenag Wonogiri H. Anif Sholihin dalam sambutannya menyampaikan bahwa pentingnya pelaku usaha memahami tentang jaminan produk halal yang sudah ada dalam undang-undang. Sehingga semua produk UMKM di Wonogiri bisa bersertifikasi halal.

The post Kemenag Wonogiri Dorong Kemudahan dan Percepatan Jaminan Produk Halal appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/kemenag-wonogiri-dorong-kemudahan-dan-percepatan-jaminan-produk-halal/

built with : https://erahajj.co.id