Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Polda Kalbar Gandeng LDII Helat Edukasi Bantuan Hidup Dasar

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 13 Juni 2023, 08:25:56

Pontianak (13/6). Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokes) Polda Kalimantan Barat (Kalbar), menggandeng LDII menghelat “Edukasi Bantuan Hidup Dasar”. Acara tersebut dihadiri ratusan remaja LDII dan dihelat di aula Ponpes Al Muqorrobun, Pontianak, Kalbar, pada Minggu (11/6).

Tim Biddokes Polda Kalbar, Ipda Ni Putu Selly mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan memberikan edukasi tata cara pemberian bantuan hidup dasar, melalui tindakan Resusitasi Jantung Paru (RJP).

“Tindakan tersebut dapat memberikan aliran dasar dan suplai oksigen menuju otak dan otot jantung. Tindakan ini, dapat dilakukan siapapun ketika bertemu sesorang yang mendadak pingsan dan tidak sadarkan diri,” ujarnya.

Ia melanjutkan, RJP bukanlah tindakan berbahaya, namun justru akan sangat berbahaya jika di sekitar penderita tidak melakukan pertolongan. “Agar diketahui secara luas, sehingga bisa membantu sesama,” pungkas Putu.

Kaitannya program tersebut dengan kepolisian, Putu menjelaskan menyambut HUT ke-77 Bhayangkara, ditargetkan ada 77 ribu anak bangsa yang dilatih, “Agar memiliki wawasan pemberian bantuan melalui RJP,” imbuhnya.

Selanjutnya, ia berterimakasih pada LDII Kalbar yang telah bekerja sama untuk mengedukasi RJP bersama Biddokes. “Semoga kegiatan ini bermanfaat untuk menebar kebaikan,” pungkasnya.

Menanggapi itu, Ketua DPW LDII Kalbar, Susanto senang berkolaborasi dengan Bidokkes Polda Kalbar. “Atas nama organisasi, kami sampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, kasus kematian akibat henti jantung dapat menimpa siapa saja. “Maka kegiatan ini sangat luar biasa manfaatnya. Artinya, ketika menemui kasus seperti itu, tidak perlu panik, dan bisa segera memberikan pertolongan,” tutupnya.

The post Polda Kalbar Gandeng LDII Helat Edukasi Bantuan Hidup Dasar appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/polda-kalbar-gandeng-ldii-helat-edukasi-bantuan-hidup-dasar/

built with : https://erahajj.co.id