Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Ponpes LDII Bantul Jadikan Hari Lahir Pancasila Pengingat Nilai Luhur Bangsa

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 02 Juni 2023, 08:27:20

Bantul (1/6). Pondok Pesantren (Ponpes) Al Barokah Kranggan yang bernaung di bawah LDII Bantul menyelenggarakan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila. Upacara tersebut berlangsung di Kranggan, Sanden, Bantul, Yogyakarta pada Kamis (1/6).

Dalam acara tersebut, Kepala Dusun Kranggan, Sukirman mengatakan, peringatan Hari Lahir Pancasila untuk mengingat dan memperkuat pemahaman santri tentang nilai-nilai luhur Pancasila, “Sebagai pondok pesantren yang berada di bawah naungan LDII, Al Barokah Kranggan memiliki komitmen kuat untuk membentuk santri yang memiliki pemahaman yang baik tentang ideologi Pancasila dan mampu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.

Selama upacara, Kepala Dusun Kranggan, Sukirman, memberikan sambutan dan menekankan pentingnya menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila bagi semua santri. Ia mengingatkan agar santri tetap memegang teguh nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek kehidupan, baik di dalam pondok pesantren maupun di luar pondok.

“Hal ini penting untuk membentuk karakter santri yang memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara serta mampu berkontribusi positif dalam masyarakat,” ungkap Sukirman.

Pondok Pesantren Al Barokah Kranggan berperan aktif dalam mendidik dan membina para santri. Selain mempelajari agama Islam, santri juga diberikan pemahaman yang mendalam tentang nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara Indonesia, “Dengan demikian, diharapkan santri dapat menjadi pemimpin masa depan yang mampu menjaga persatuan, toleransi, dan kebhinekaan dalam masyarakat,” harapnya.

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Pondok Pesantren Al Barokah Kranggan juga menjadi momentum untuk memperkenalkan santri tentang sejarah dan makna Pancasila. Dengan penekanan yang kuat pada pentingnya nilai Pancasila, para santri menjadi generasi penerus yang pancasilais dalam kehidupan sehari-hari.

“Dengan mengamalkan Pancasila, santri diharapkan mampu menciptakan kehidupan yang harmonis, saling menghormati, dan menghargai perbedaan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” pesannya.

Pondok Pesantren Al Barokah Kranggan di bawah naungan LDII tetap komitmen untuk melahirkan santri yang tidak hanya berkompeten dalam bidang agama, tetapi juga memiliki wawasan kebangsaan yang kuat. Melalui peringatan Hari Lahir Pancasila ini, LDII ingin memberikan kontribusi nyata dalam membentuk pemuda yang mencintai bangsa dan mampu menjadi agen perubahan positif dalam masyarakat. (FWI/LINES)

The post Ponpes LDII Bantul Jadikan Hari Lahir Pancasila Pengingat Nilai Luhur Bangsa appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/ponpes-ldii-bantul-jadikan-hari-lahir-pancasila-pengingat-nilai-luhur-bangsa/

built with : https://erahajj.co.id