Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Ponpes Baitussalam dan SMP Citra Insan Mulia Terapkan Nilai Pancasila

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 01 Juni 2023, 12:16:15

Tangerang (1/6). Para santri Pondok Pesantren Baitussalam bersama SMP Citra Insan Mulia mengadakan upacara pengibaran bendera, untuk memperingati Hari Lahir Pancasila. Acara tersebut dihelat di halaman SMP Citra Insan Mulia, Kota Tangerang Selatan, Banten, pada Kamis (1/6).

Wakil Kepala Sekolah SMP Citra Insan Mulia, Devi Sumardi, berkesempatan menjadi pembina upacara. Ia memberikan pesan untuk santri Ponpes Baitussalam dan murid SMP Citra Insan Mulia, “Saat ini apakah kita benar sudah bisa menerapkan nilai-nila Pancasila dalam hidup kita, sedangkan masih banyak perilaku-perilaku yang menyimpang dari nilai-nilai Pancasila yang sering didengar di media sosial misalnya perilaku siswa yang tidak sopan terhadap gurunya, sikap orang tua terhadap anak didiknya, dan lain-lain,” ucapnya saat berpidato.

Devi berharap peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat menjadi moment membangkitkan semangat nasionalisme dan penerapan sila-sila Pancasila. “Ini adalah waktu yang tepat bagi kita untuk menghidupkan kembali nilai-nilai yang terkandung dalam setiap sila Pancasila. Sebagai seorang manusia kita seharusnya saling membantu, gotong royong, dan saling mengasihi, bukan saling terpecah dan melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan nilai-nila sila Pancasila,” tuturnya.

Ketua Ponpes Baitussalam, H. Edi Kuswanto, juga hadir mengikuti upacara ini. “Pondok pesantren itu miniatur dari kondisi masyarakat yang multikultural, berbagai macam karakteristik anak-anak yang datang ke pondok dari berbagai daerah,” ucapnya.

Edi menjelaskan, dalam menerapkan nilai-nilai Pancasila, Pondok Pesantren Baitussalam menerapkan empat pilar. Pertama, inklusivisme yaitu punya sifat berlapang dada untuk bisa menerima kekurangan orang lain.

“Kedua, humanisme yaitu semua individu setara tidak ada perbedaan suku, ras, dan budaya menjadi satu dalam Bhineka Tunggal Ika. Ketiga, toleransi yaitu bisa memahami orang lain dan tidak memaksakan kehendak diri terhadap orang lain. Keempat, demokrasi yaitu semua santri memiliki hak untuk berpendapat,” pungkasnya.

The post Ponpes Baitussalam dan SMP Citra Insan Mulia Terapkan Nilai Pancasila appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/ponpes-baitussalam-dan-smp-citra-insan-mulia-terapkan-nilai-pancasila/

built with : https://erahajj.co.id