Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

YPBU Gadingmangu Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2023

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 01 Juni 2023, 11:50:08

Perak (1/6). Yayasan Pendidikan Budi Utomo (YPBU) Gadingmangu menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman Pondok Pesantren Gadingmangu, Perak, Jombang, Jawa Timur pada Kamis (1/6).

Bintara Pembina Desa (Babinsa) Sembung, Serka Jaka Susila, bertindak sebagai komandan upacara dan Camat Perak, Supriyono, menjadi Pembina Upacara. Dalam pidatonya, Supriyono mengingatkan betapa pentingnya semangat gotong royong untuk memajukan bangsa.

“Sejarah mencatat dan membuktikan bahwa seluruh permasalahan yang dihadapi oleh bangsa dapat kita hadapi dan selesaikan, jika segenap komponen bangsa saling bergotong royong dan bersatu padu,” ungkapnya.

Ia juga mengingatkan kembali akan falsafah dasar bangsa. Bahkan negara ini terus berdiri karena ditopang empat pilar, yakni Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI, “Setiap 1 Juni kita diingatkan kembali tentang falsafah bangasa dan dasar Indonesia,” ujarnya.

Kepada generasi milenial, Supriyono berpesan untuk terus mengisi perjuangan para pendahulu bangsa, melalui kreativitas dan inovasi. Harapannya, generasi muda bisa memberikan sumbangsih yang terbaik untuk kemajuan bangsa dan negera, terutama untuk kesejahteraan masyarakat.

“Pemerintah daerah dengan pemerintah desa, juga unsur organisasi kemasyarakatan, organisasi keagamaan, dan semua dunia pendidikan. Baik itu negeri atau pun swasta dapat bersama-sama membangun bangsa melalui segenap aspek untuk menjadi negara yang kokoh,” ujarnya.

Ia mengajak peserta upacara mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam semua aspek kehidupan. Sesuai dengan makna Pancasila, rakyat bersama-sama gotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global.

“Kita harapkan nilai-nilai Pancasila menjadi suatu energi bagi kita bersama, untuk menjadi momentum yang memberikan spirit bagi kita untuk melaksanakan kehidupan berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua DPD LDII Kabupaten Jombang, Widodo, berpesan kepada para santri yang telah mengikuti kegiatan Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tertanam jiwa Pancasila di era globalisasi dan mengamalkan Pancasila secara penuh dan konsekuen.

Upacara juga dihadiri beberapa tokoh dan pengurus Pondok Pesantren (Ponpes) Gadingmangu, beberapa pengurus Yayasan Pendidikan Budi Utomo Gadingmangu, Kepala Sekolah SMP, SMA, dan SMK Budi Utomo Gadingmangu.

Beberapa anggota Forkopimcam turut menghadiri Upacara di antaranya Danramil 0814/05 Perak Kodim 0814 Jombang, Kapten Inf Nasichin beserta anggotanya; Wakapolsek Perak, Aiptu Panca Sampurna beserta anggotanya; Kepala Puskesmas Perak, Oisatin beserta Humas Puskesmas Perak, dan Kepala Desa Gadingmangu, M. Golkar.

The post YPBU Gadingmangu Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2023 appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/ypbu-gadingmangu-gelar-upacara-peringatan-hari-lahir-pancasila-2023/

built with : https://erahajj.co.id