Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Sako SPN Jakarta Selatan Rutin Gelar Waspada Bersepeda pada Bulan Ramadan

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 18 April 2023, 06:48:20

Jakarta (18/04). Sebanyak 68 anggota Sako SPN Jakarta Selatan mengikuti Waktu Asrama Penggalang Penegak Pandega (Waspada Bersepeda), yang dilaksanakan dari hari Kamis 6 April hingga Minggu 9 April 2023. Kegiatan berlangsung di Masjid Miftahul Jannah, Gandaria dan Masjid Baitul Hasan, Jagakarsa.

Kegiatan yang bertema “Terbina dan terbentuknya karakter generasi pramuka yang tangguh, bertanggung jawab, dan dapat menerapkan Tri Satya dan Dasa Darma secara profesional dan religius” itu dibuka oleh Wakil Mabigus Sako SPN Jakarta Selatan, Kundhori.

Dalam sambutannya, ia mengapresiasi antusias anak-anak dan merasa senang dengan program pramuka yang dilaksanakan pada bulan suci Ramadhan ini, “Generasi muda sekarang tetap dibina melalui kepramukaan dan kami merasa cukup senang dengan penampilan anak-anak pramuka penggalang ini bisa menunjukkan jiwa yang positif, semangat yang tinggi sebagai wujud rasa taat kepada kegiatannya,” ujarnya.

Ia juga berpesan untuk mengutamakan kerukunan dan kekompakan dengan berpedoman tri sukses generus, “Yang terpenting setelah mengikuti kegiatan Waspada Bersepeda tahun ini adalah kedepannya para peserta bisa menerapkan kembali kegiatan atau manfaat yang bisa diambil dalam kegiatan ini di luar, baik pada bulan Ramadhan kali ini atau setelah bulan Ramadhan sampai mereka tua nantinya,” tutur Mundhori.

Menghadiri undangan sebagai pemateri di kegiatan ini, Taruna Siaga Bencana yang bertugas di wilayah Ibu Kota Administrasi Jakarta Selatan, Nano Muhrozie juga mengapresiasi atas kegiatan yang dilaksanakan oleh Sakocab SPN Jakarta Selatan, “Kegiatan ini sangat positif, dan mereka mendukung sekali acara ini untuk mengisi liburan sekolah di bulan Ramadhan dalam mengisi liburan,” ungkapnya.

Adapun rangkaian materi yang disampaikan oleh Tagana, terdapat empat materi, yaitu apa itu bencana, bagaimana membangun kesiapsiagaan bencana dengan pengorganisasian penanggulangan bencana, penentuan tanda bahaya, dan simulasi kebencanaan.

Senada dengan Wakil Mabigus Sako SPN Jakarta Selatan, Nano berharap kegiatan Waspada Bersepeda tersebut mampu diadakan setiap tahunnya di bulan Ramadhan dan peserta yang diikutsertakan semakin bertambah dari tahun ke tahun.

Pada kesempatan itu, Dewan Penasehat DPD LDII Jakarta Selatan, Syamsul Hilal mengapresiasi kegiatan Waspada Bersepeda LDII Jakarta Selatan ini yang memiliki program dalam mendidik generasi muda yang tri sukses, yakni berilmu, berakhlak mulia, dan mandiri, “Kegiatan ini sangat cocok sekali dalam mendukung cita-cita luhur kita semua, bahwa nanti di tahun 2045 di mana Indonesia mencapai Indonesia emas. Mudah-mudahan kader-kader kita nanti yang akan menjadi pemimpin bangsa di masa depan,” ujarnya.

Hilal berharap, kegiatan seperti ini perlu dikembangkan dan ditingkatkan semakin besar, sehingga LDII Jakarta Selatan memiliki kader muda yang mempunyai daya juang yang tinggi.

Menghadiri undangan penutupan kegiatan Waspada Bersepeda tahun ini, Sekretaris Kwartir Ranting Cabang Jakarta Selatan, Sodikin berpendapat kegiatan waspada Bersepeda yang dilaksanakan oleh Sakocab Jakarta Selatan ini sangat positif bagi peserta didik Sako SPN, “Materi yang diberikan dalam kegiatan ini sudah mengarah pada prinsip-prinsip dasar kepramukaan yang mana akan lebih cepat mendorong dalam mewujudkan tujuan pramuka dalam jangka panjang,” ujarnya.

Ia juga berpesan, agar Sako SPN dapat bersinergi dengan beberapa kwartir ranting yang merupakan hirarki gugus depan teritorial Sako SPN, “Agar peran SAKO SPN lebih besar dan dapat dirasakan oleh peserta didik, lingkungan keluarga, masyarakat dan dapat dirasakan secara skala besar, yaitu bangsa dan negara,” pungkasnya.

The post Sako SPN Jakarta Selatan Rutin Gelar Waspada Bersepeda pada Bulan Ramadan appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/sako-spn-jakarta-selatan-rutin-gelar-waspada-bersepeda-pada-bulan-ramadan/

built with : https://erahajj.co.id