Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Ponpes Wali Barokah Adakan Asrama Alquran Secara Online Sepanjang Ramadan 1444 H

Kategori : LDII News, Headlines, Ditulis pada : 24 Maret 2023, 03:56:41

Kediri (24/3). Saban tahun, Pondok Pesantren (Ponpes) Wali Barokah mengadakan pengajian asrama Alquran – makna dan keterangan. Saat pandemi Covid-19, kegiatan asrama tersebut dilaksanakan secara online. Tahun ini, pondok pesantren yang mencetak juru dakwah LDII itu, kembali menggelar asrama Alquran.

Pengajian asrama Alquran tersebut merupakan upaya Ponpes Wali Barokah, melaksanakan program pembinaan, untuk melahirkan generasi muda Tri Sukses (alim-fakih, akhlakul karimah, dan mandiri). Ponpes tersebut berkeyakinan, keimanan generasi muda sangat ditentukan oleh seberapa banyak ilmu agama yang dikuasai.

“Asrama Alquran ini sekaligus mengantisipasi terhadap perubahan zaman, yang bisa berdampak negatif terhadap keimanan dan ketakwaan kita,” kata Ketua Ponpes Wali Barokah Kota Kediri KH Sunarto dalam sambutannya.

Menurutnya, para pengurus ponpes dan LDII selalu membina warganya, dengan tujuan agar warga LDII tetap istiqomah dalam menunaikan kewajiban beribadah kepada Allah SWT. Sekaligus tetap menjalankan syariat agama Islam berdasarkan Alquran dan Alhadits yang dilaksanakan secara utuh/kaffah.

KH Sunarto menambahkan, agar tetap bisa istiqomah dalam beribadah, maka diperlukan kepahaman agama yang kuat, “Yang hanya bisa diperoleh dengan cara memperbanyak tholabul ilmi atau mengaji, banyak mendengarkan nasihat, senantiasa bergaul dan berinteraksi dengan orang-orang saleh, serta rida terhadap aturan agama,” paparnya.

Menurutnya, Alquran merupakan pedoman dan tuntunan yang bersifat global untuk umat Islam. Kitab suci tersebut memberikan petunjuk untuk menjalankan kewajiban ibadah kepada Allah SWT, “Sedangkan yang bersifat spesifik dan teknis amaliah kita harus mengaji Alhadits sebagai tuntunan dari Rasulullah SAW,” lanjut KH Sunarto.

Dengan mengaji Alquran, umat Islam mengetahui hukum, halal-harom, perintah-larangan, tata cara beribadah, bermuamalah, adab budi pekerti dan berakhlaqul karimah, meyakini adanya surga-neraka, “Bahkan mengetahui cerita atau kisah para nabi dan orang-orang terdahulu yang bisa kita ambil hikmahnya,” tuturnya.

Dengan adanya kegiatan asrama pengajian Alquran ini diharapkan, dapat melengkapi program “Lima Sukses Ramadan”, yakni sukses puasa Ramadan, qiyamul lail/ shalat tarawih, tadarus Alquran, lailatul qodar pada saat sepuluh malam akhir Ramadan, dan kemudian disempurnakan dengan menunaikan kewajiban zakat fitrah dan zakat mal lainnya bagi yang telah nishab.

Pengajian dengan metoda dan cara apapun, baik secara offline maupun online, maksud dan tujuannya sama, yaitu ingin membangitkan kesadaran kita bahwa mencari ilmu itu merupakan kewajiban kita, sebagaimana firman Allah : “fa’lam annahu la ilaaha illalloh” (QS: Muhammad 19), dan sabda Rasulullah SAW : “tholabul ilmi faridhotun ‘ala kulli muslim” (HR : Ibnu Majah).

Di tempat terpisah, Ketua Panitia Asrama Online H. Achmad Fawwaz mengatakan, asrama tahun ini dilaksanakan seperti tahun lalu, dengan menggunakan bahasa Indonesia dan Jawa. Hal ini untuk memenuhi keinginan warga LDII yang biasa mengaji di PC-PAC memakai dua bahasa tersebut, “Kami tidak mengejar khatam dalam waktu tertentu, yang kami harapkan adalah para generasi muda bisa memahami secara utuh atas materi yang disampaikan,” katanya.

Pengajian Alquran Online dilaksanakan setiap hari, mulai tanggal 23 Maret-13 April 2023, mengambil waktu jam 13.30 – 15.30 WIB, sehingga tidak mengganggu jam belajar di sekolah. Atau bisa mengikuti sesi penderesan, yaitu jam 20.00 dan 08.00 WIB. (*Mazda)

The post Ponpes Wali Barokah Adakan Asrama Alquran Secara Online Sepanjang Ramadan 1444 H appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/ponpes-wali-barokah-adakan-asrama-alquran-secara-online-sepanjang-ramadan-1444-h/

built with : https://erahajj.co.id