Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Ini Dia Peran Penting Keluarga Bentuk Generasi Muda Mandiri

Kategori : LDII News, Nasional, Ditulis pada : 28 Februari 2023, 03:15:09

Jakarta (28/2). DPP LDII menyelenggarakan webinar “Keluarga Mandiri Keluarga Berseri Keluarga Mandiri Bangsa Berdikari” pada Sabtu, (25/2) di Jakarta. Acara tersebut terselenggara atas kerja sama Departemen Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat (EPM) dengan Departemen Pemberdayaan Perempuan dan Kesejahteraan Keluarga (PPKK) DPP LDII.

Ketua Departemen EPM DPP LDII Arie Wibosono mengatakan, webinar kemandirian keluarga bertujuan mengembangkan kemandirian generasi muda LDII melalui peran orangtua. Baik secara pribadi maupun ekonomi, agar mereka bisa menjawab tantangan kedepannya dan berkontribusi untuk negeri.

“Seiring berkembanganya zaman, tantangan yang dihadapi para generasi muda semakin sulit dan bertambah. Orangtua harus fokus mempersiapkan generasi muda dalam sisi kemandirian untuk bisa mengatasi tantangan tersebut secara mandiri,” ungkapnya.

Ia berharap melalui webinar, orangtua dapat mendidik para generasi muda dalam mengembangkan kemandirian dari sisi psikologi kepribadian maupun ekonomi. “Masing-masing usia memiliki definisi kemandirian yang berbeda, saat beranjak dewasa kita mulai memfokuskan dalam kemandirian ekonominya sebagai pengusaha, karyawan atau profesi yang mandiri lainnya. Kami mempersiapkan generasi sejak dini, sehingga bisa berhasil dalam profesi yang dimilikinya,” terang Arie Wibisono

Selaras dengan Arie, Anggota Departemen EPM DPP LDII selaku narasumber An Nuur Budi Utomo mengungkapkan, orangtua memegang peranan penting dalam membangun kemandirian generasi muda, “Orangtua harus bisa meminimalkan bantuan dan memaksimalkan dukungan terhadap kemandirian anak. Sehingga anak menjadi kreatif dan mencoba banyak hal-hal baru,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia menambahkan kemandirian generasi muda bukan berarti dilepas begitu saja, tetapi orang tua tetap memberi petunjuk arah. “Dengan adanya petunjuk, mereka punya prinsip, sehingga tidak mudah terpengaruh dalam pergaulan,” lanjutnya.

Sementara itu, Anggota Departemen PPKK DPP LDII, Dian Alia Putri yang turut hadir juga menambahkan, orang tua harus memberikan ruang kesempatan anak untuk mencoba sesuatu dan memikirkan solusi itu sendiri, “Pengalaman yang dirasakan anak menjadi sebuah pembelajaran, sehingga bisa dievaluasi dan diperbaiki untuk perkembangan kemandirian anak,” ungkap Dian.

Ia berpendapat membiarkan anak terjun langsung ke dalam masyarakat, organisasi, lingkungan luar adalah bentuk dukungan orangtua agar anak dapat mempersiapkan diri hidup mandiri. “Orangtua tetap mendukung dengan perannya sebagai tempat cerita sang anak, mengetahui kesukaan, apa yang tidak suka, dan apa yang bisa ditingkatkan dari kepribadian mereka,” pesannya. (PA/LINES)

The post Ini Dia Peran Penting Keluarga Bentuk Generasi Muda Mandiri appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/ini-dia-peran-penting-keluarga-bentuk-generasi-muda-mandiri/

built with : https://erahajj.co.id