Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Warga LDII Sukoharjo Santuni Anak Yatim Selama Pandemi Covid-19

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 27 Agustus 2021, 14:43:25

Sukoharjo (27/8). Pandemi Covid-19 membawa dampak terhadap ekonomi warga di Sukoharjo. Warga LDII pun berinisiatif mengumpulkan sedekah melalui Yayasan Pendidikan Islam Nur Hasan dan DPD LDII Sukoharjo.

“Kehidupan ekonomi warga sangat terdampak karena banyak yang menganggur dan terkena PHK. Apalagi yang anak yatim, ibu mereka hanya di rumah. Ini membuat kehidupan anak-anak yatim makin sulit,” ujar Ketua DPD LDII Sukoharjo, Dalono.

Menurut Dalono, para warga LDII di wilayahnya tergerak. Lalu mengumpulkan sedekah melalui yayasan atau DPD LDII Sukoharjo untuk disalurkan kepada anak yatim di tiga kecamatan di wilayah itu, “Dari hasil pengumpulan sedekah itu, diwujudkan peralatan sekolah. Acara ini berjalan setiap bulan, dengan jumlah anak yang disantuni mencapai 60 orang,” ujarnya.

Pandemi Covid-19 di Kabupaten Sukoharjo, menurutnya berdampak ekonomi. Baik bagi pegawai yang kena PHK, maupun bagi para pedagang, “Ekonomi lesu, membuat orang malas berbelanja. Akibatnya, banyak pengangguran dan yang terimbang terutama adalah para anak yatim,” paparnya.

Sementara itu, Camat Bendosari, Kabupaten Sukoharjo, Rohmadi yang hadir dalam kegiatan itu menyatakan, anak-anak yatim harus tetap riang, “Jangan sampai pandemi ini membuat hati mereka sedih, sehingga menjadi tekanan tersendiri bagi anak-anak,” kata Rohmadi.

Dengan bantuan dari warga LDII tersebut, menurut Rohmadi, anak-anak yatim tersebut bisa terus belajar dan berjumpa dengan para sahabatnya di sekolah, “Itu membuat mereka bahagia, sementara bantuan peralatan sekolah membuat mereka tidak rendah hati,” imbuhnya. Bantuan untuk anak yatim tersebut, sangat membantu dalam hal pendidikan dan kehidupan sosial mereka. Setiap anak memperoleh uang Rp100.000, tas, dan peralatan sekolah lainnya.

“Krisis ekonomi selama pandemi ini membuat gizi tak terpenuhi. Kalau perut anak-anak itu terisi dan diasup makanan bergizi, mereka lebih gembira dan belajar lebih tenang,” tuturnya. Kegembiraan pada hati mereka, menurut Rohmadi akan membuat imun mereka tambah kuat.

Baik Dalono maupun Rohmadi berharap, anak-anak yatim tersebut tumbuh menjadi manusia berkarakter unggul. Memiliki kepahaman agama yang kuat, berakhlakul kariman, dan mandiri. Dengan demikian, mereka menjadi pribadi yang berguna bagi masyarakat dan lingkungan sekitarnya.

The post Warga LDII Sukoharjo Santuni Anak Yatim Selama Pandemi Covid-19 appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/warga-ldii-sukoharjo-santuni-anak-yatim-selama-pandemi-covid-19/

built with : https://erahajj.co.id