Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Esai Tentang Melepaskan

Kategori : LDII News, Nasehat, Ditulis pada : 17 September 2020, 04:06:32

Oleh: Faizunal A. Abdillah
Pemerhati lingkungan – Warga LDII Kabupaten Tangerang

Dari dulu sampai sekarang, masih banyak saja dijumpai jiwa-jiwa yang menderita, dengan munculnya resah dan gelisah. Tolok ukurnya sederhana, adalah jiwa-jiwa yang selalu mengira kebahagiaan bisa ditemukan dengan mendapatkan apa-apa yang belum didapatkan. Sebagai akibatnya, jiwa terus-menerus berkejaran seperti kucing mengejar ekornya. Biasanya baru berhenti mengejar kalau mati, atau sakit keras seperti stroke. Sebelum itu terjadi, mari belajar damai dan berkecukupan dengan apa-apa yang ada dan dipunyai sekarang.

Meminjam bahasa indah para leluhur supaya nrimo lan legowo. Caranya, selalu lihat sisi-sisi indah dari apa yang kita miliki. Pasangan hidup, anak-anak dan harta benda lainnya perhatikanlah selalu sisi-sisi baiknya. Pahlawan kedamaian adalah ia yang berani mengatakan cukup pada kehidupan.

Setelah cukup, selanjutnya mulailah memandang kehidupan secara lebih sehat sebagai pelengkap. Mirip dengan memandang kotoran sapi, kalau melihatnya negatif kita dapat sampah. Kalau memandangnya positif, kita dapat bunga indah. Kehidupan serupa, masa kecil yang kelabu, keuangan yang tidak sebaik orang-orang, semua adalah pupuk-pupuk yang sedang berevolusi jadi bunga. Kegelisahan, kemarahan, kecemburuan adalah racun-racun kejiwaan di dalam yang harus dibersihkan, sehingga kemarahan pun berproses menjadi bunga kedamaian.

Ada resep sederhana untuk mengetahui berseminya bibit kedamaian dalam diri. Pergilah ke depan cermin, ucapkan mantra ini dengan sepenuh hati pada orang yang kita jumpai di cermin: “kamu sempurna, aku mencintaimu apa adanya”. Jika sudah yakin dengan bayangan yang ada di cermin sebagai makhluk yang sempurna, dan mau mencintai dengan sepenuh hati apa adanya, baik kelebihan maupun kekurangannya, itu berarti benih-benih kedamaian berlimpah sudah tersedia. Artinya, tinggal meramu, terus-menerus memupuknya untuk mengimbangi bibit-bibit kekerasan yang sudah ditanam orang-orang di diri kita dengan bibit-bibit kedamaian tersebut. Ada kekurangan disyukuri. Punya kelebihan didermakan. Ada kesalahan dimaafkan. Diberi anugerah dimanfaatkan dan dibarokahkan. Jika ada masalah dan musibah disabari. Kalau aral melintang dipersungguh, didoai dan jika dijeleki membalas dengan kebaikan. Ketika bibit-bibit kedamaian sudah jauh lebih banyak dari bibit kekerasan, di sana kita akan menjadi pahlawan kedamaian.

Sekali lagi, ini bukan ajakan untuk bermalas-malasan. Juga bukan kalah-kalahan. Apalagi akal-akalan. Sama sekali bukan. Rasa berkecukupan yang mendalam adalah fondasi semua kedamaian. Maksudnya, tidak saja berkecukupan secara materi, tapi juga berkecukupan dalam pencapaian spiritual. Berkecukupan secara materi membuat orang berhenti didikte keinginan-keinginan duniawi. Butuh, tapi tidak rakus (ngoyo). Kurang, tetapi tetap dermawan. Perwira dengan penuh kepasrahan. Berkecukupan secara spiritual membuat orang berhenti didikte keinginan-keinginan surgawi.

Mencari ilmu jalan terus, namun dalam beramal, amar ma’ruf dan keseharian penuh tindakan keteladanan. Berlimpah kesyukuran, untuk kemudian terjun ke dunia pelayanan. Seolah ilmu mencari jiwa, untuk memperindah tindakan dan mempertinggi derajatnya. Tatkala kedua keinginan ini terkendali, kedamaian mekar seperti bunga indah rupawan. Tanpa rasa berkecukupan, tidak ada satu pun jalan yang bisa membimbing menuju kedamaian mendalam. Rasa berkecukupan adalah lentera di dalam yang menuntun kedamaian di mana dan ke mana diri berada.

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ، بْنِ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ ‏ “‏ قَدْ أَفْلَحَ مَنْ أَسْلَمَ وَرُزِقَ كَفَافًا وَقَنَّعَهُ اللَّهُ بِمَا آتَاهُ ‏” ‏‏

Dari Abdullah bin Amr bin Al-A’sh sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda; “Sungguh beruntung seorang yang berislam, diberi rezeki cukup dan Allah menganugerahkan kepadanya sifat qana’ah dengan apa yang Dia berikan kepadanya.” (HR. Muslim)

Dalam hal ini, salah seorang guru berpesan, kedamaian adalah proses menyatu dengan kehidupan yaitu mendekap berkah kekinian apa adanya. Fenomena kehidupan seperti sedih-senang, duka-suka, akan terus muncul silih-berganti tanpa henti. Tidak terlalu sulit untuk berdamai dengan kenikmatan dan kebaikan. Kebanyakan kesulitan ketika berhadapan dengan kejelekan dan kesedihan.

Di sinilah kedamaian berperan dalam mengimbangi setiap energi negatif yang datang. Kedamaian membantu melepaskan energi negatif ke jalan-jalan yang benar. Tidak merusak, tetapi justru berubah jadi bunga yang indah. Dari sini wahai penekun kehidupan, kedamaian adalah seni melepaskan.


Sumber berita : https://ldii.or.id/esai-tentang-melepaskan/

built with : https://erahajj.co.id