Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Buktikan Tidak Eksklusif, Ribuan Warga LDII Depok Salat Ied di Lapangan Terbuka

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 06 Juli 2023, 03:46:35

Depok (4/7). Pada perayaan Idul Adha 1444 Hijriah/2023 Masehi, sekira 1500-an warga LDII Kota Depok melaksanakan salat Ied dengan tertib di lapangan Yayasan Lembaga Cornelis Chastelein, Sukmajaya, Depok, Kamis (29/6). Rutinitas tahunan LDII Depok itu juga membantah stigma eksklusif yang kerap disematkan kepada warga LDII.

Mustofa, khatib dan imam yang memimpin solat Idul Adha, menjelaskan pentingnya melaksanakan salat Ied sebagai bentuk cinta kepada Allah SWT. Adapun penyembelihan hewan kurban dalam rangkaian Idul Adha, meneladani sunnah Nabi Ibrahim AS.

Mustofa mengatakan ketika itu, Nabi Ibrahim AS menunjukkan ketaatan kepada Allah, menjalankan perintah dari Allah untuk mengorbankan anaknya. Karena kepatuhannya, Allah menggantinya dengan kambing gibas. “Kita umat Nabi Muhammad mencontoh sunnah Nabi Ibrahim, sehingga kita bisa melaksanakan kurban, juga sebagai bentuk solidaritas terhadap sesama dan masyarakat, serta tanda syukur kepada Allah,” ucap Mustofa.

Mustofa juga mengapresiasi atas antusiasme berkurban dan berbagi warga LDII setiap tahunnya. Ia juga bersyukur, walaupun sempat ada kendala PMK, umat Islam di tahun ini tetap bisa berkurban dan berbagi sehingga dapat bermanfaat bagi sekitar.

Mengenai lokasi salat Ied, LDII Depok bekerja sama dengan Yayasan Lembaga Cornelis Chastelein (YLCC) dan Gereja Bethel Indonesia dalam penyelenggaraan salat Idul Adha 1444 Hijriah/2023 Masehi. Hal ini sempat mendapat perhatian, sebab salat dilakukan menghadap Gereja.

Iqbal Firmansyah salah satu warga LDII yang ikut melaksanakan salat Ied menanggapi, salat Ied warga LDII berlokasi di lapangan milik YLCC adalah wujud toleransi dan kerukunan antarumat beragama. “Mengingat jumlah warga LDII Depok yang banyak, sehingga memerlukan tempat yang luas, seperti lapangan ini,” tutur Iqbal.

Penggunaan lapangan terbuka ini juga membantah stigma ekslusif yang sering dialamatkan kepada warga LDII. Beribadah di lapangan merupakan bentuk keterbukaan LDII. “Semoga LDII selalu bisa memberikan kontribusi positif kepada masyarakat baik secara internal maupun eksternal,” lanjut Iqbal.

The post Buktikan Tidak Eksklusif, Ribuan Warga LDII Depok Salat Ied di Lapangan Terbuka appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/buktikan-tidak-eksklusif-ribuan-warga-ldii-depok-salat-ied-di-lapangan-terbuka/

built with : https://erahajj.co.id