Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Warga LDII Wonogiri Gerakkan Ekonomi Rp10,6 Miliar untuk Kurban

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 05 Juli 2023, 12:23:58

Wonogiri (5/7). Warga LDII Wonogiri menggerakkan ekonomi Rp 10,67 miliar untuk kurban. Angka tersebut berasal 464 ekor sapi dan 664 ekor kambing, dengan rerata harga sapi Rp 20 juta dan harga kambing Rp 2,5 juta.

Sekretaris DPD LDII Kabupaten Wonogiri, Agung Susanto mengatakan, jumlah tersebut naik dibanding tahun sebelumnya. “Tahun 2022, warga LDII Wonogiri menyembelih 360 ekor sapi dan 414 ekor kambing,” ujarnya, pada Kamis (29/6).

Ia mengungkapkan, semangat warga LDII untuk berkurban dimotivasi beberapa hal. “Pertama, warga LDII termotivasi dengan nilai ibadah dari kurban. Setiap pengajian, para ulama dan juru dakwah mengingatkan sejarah, pahala dan manfaat berkurban,” pungkasnya.

Agung menambahkan, dari sisi sejarah, kurban memiliki hikmah nilai keikhlasan, ketaatan, dan tawakal yang tinggi dari nabi Ibrahim ketika diperintah menyembelih putranya, nabi Ismail. “Dari sisi pahala, seluruh bulu pada hewan kurban, baik bulu halus dan kasar, dihitung satu pahala,” jelasnya.

Selanjutnya, frekuensi pengajian di lingkungan LDII pada tingkat Pimpinan Cabang (PC) dan Pimpinan Anak Cabang (PAC), yang rata-rata tiga kali seminggu dimanfaatkan untuk menabung kurban. Mereka menuliskannya pada buku tabungan kurban, beserta nilai kurban berupa sapi atau kambing,

“Otomatis melihat buku tabungan kurban tersebut mereka termotivasi dan sebulan atau dua bulan menjelang kurban, nasihat-nasihat dari para ulama mengenai kurban digaungkan kembali,” papar Agung.

Inilah yang membuat warga LDII selalu berkurban dalam jumlah yang besar. Sementara itu, Dewan Penasihat DPD LDII Kabupaten Wonogiri, Ustaz Sunadi Ali Mustofa menyatakan, tema kurban kali ini “Perkuat Ketakwaan dan Kepedulian Sosial”.

Ia mengungkapkan, bagi umat Islam, ibadah kurban selain ada nilai ketakwaan, juga ada nilai kepedulian sosial dengan berbagi antar sesama. “Daging kurban bisa diberikan kepada siapa saja, baik yang meminta maupun tidak, juga menjadi syiar Islam kepada masyarakat,” terangnya.

Sunadi menjelaskan, tema tersebut aktual dengan kondisi bangsa saat ini, di mana pasca wabah Covid-19 dan penyakit PMK tahun lalu merusak perekonomian, menciptakan krisis ekonomi terutama di perkotaan. “Dalam kondisi ini, ikatan berbangsa dan bernegara harus ditumbuhkan dengan semangat bergotong-royong dan berbagi,” ujarnya.

Dari sisi pelaksanaan kurban, sebelum kurban LDII Wonogiri mendapatkan sosialisasi dari Dinas Perikanan, Kelautan dan Peternakan Kabupaten Wonogiri, mengenai tata cara penyebelihan hewan kurban, “Kami mengundang narasumber dari dinas untuk memberikan sosialisasi terkait penatalaksanaan hewan kurban dan penyembelihan yang haal,” imbuh Agung yang juga Ketua Ponpes Al Barru, Bulusulur, Wonogiri.

Ia bersyukur, setiap tahun, semangat berkurban warga LDII semakin meningkat. “Pondok Al Barru tahun ini juga mendapatkan bantuan hewan kurban berupa satu ekor sapi dari Baznas, sedangkan dari tabungan santri dapat mewujudkan 1 ekor sapi dan 3 ekor kambing,” tutup Agung.

The post Warga LDII Wonogiri Gerakkan Ekonomi Rp10,6 Miliar untuk Kurban appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/warga-ldii-wonogiri-gerakkan-ekonomi-rp106-miliar-untuk-kurban/

built with : https://erahajj.co.id