Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

LDII Papua Barat Datangkan Dokter Hewan Guna Jaga Kualitas Daging Kurban

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 05 Juli 2023, 09:55:10

Manokwari (5/7). Pada perayaan Idul Adha 1444 H, warga LDII Papua Barat melaksanakan kurban dengan menyembelih 89 ekor ternak yang terdiri dari 80 ekor sapi dan sembilan ekor kambing yang dikurbankan. Daging kurban tersebut, kemudian diperiksa kualitasnya.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) LDII Papua Barat Suroto menjelaskan, terjadi peningkatan jumlah hewan kurban dibandingkan tahun sebelumnya. “Hal ini disebabkan oleh antusiasme warga dalam melaksanakan kurban serta adanya bantuan hewan kurban dari pemerintah daerah dan tokoh setempat,” ujarnya.

Dari total hewan kurban tersebut terdiri dari DPD LDII Manokwari menyembelih 32 ekor sapi dan dua ekor kambing. Kota Sorong menyembelih 19 ekor sapi, Kabupaten Sorong sembilan ekor sapi dan Kabupaten Fakfak sembilan ekor sapi. Sementara Kabupaten Kaimana enam ekor sapi dan enam ekor kambing, serta Kabupaten Teluk Bintuni lima ekor sapi dan ekor kambing.

Menurut Suroto, Bupati Manokwari Hermus Indou memberikan bantuan hewan kurban kepada takmir Masjid Al-Mubarok Manokwari dan Sabilla Rosyad SP 5 Masni, yang merupakan masjid yang berada di bawah naungan LDII Manokwari.

Sementara itu, DPD LDII Kabupaten Teluk Bintuni menerima satu ekor sapi dari Kepala Suku Besar Arfak, Dominggus Mandacan. Kabupaten Sorong juga mendapatkan satu ekor sapi dari Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati, dan Kota Sorong mendapatkan dua ekor sapi dari Wali Kota Sorong.

Suroto menambahkan bahwa pemotongan dan pembagian hewan kurban dilakukan di pusat-pusat Sekretariat LDII. Daging kurban tersebut kemudian dibagikan kepada masyarakat, “Setelah disembelih, daging kurban dikemas dalam kantong plastik dan dibagikan kepada warga sekitar. Saya berharap daging kurban ini dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat, terutama mereka yang kurang mampu dan yang terkena stunting,” ujarnya.

Selain itu, tim dokter hewan turut hadir untuk memeriksa setiap organ hewan yang telah dipotong. Salah satu dokter dari Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari Galusia Marhaini menjelaskan bahwa semua hewan yang dikurbankan oleh LDII telah melewati pemeriksaan dan dalam kondisi sehat.

“Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa kualitas daging sangat baik, dan pada sapi yang dipotong tidak ditemukan cacing di dalam organ-organ sapi tersebut,” ujarnya.

Ketua DPD LDII Manokwari Paputungan menyampaikan hal serupa bahwa pemeriksaan kesehatan dilakukan pada hewan kurban dengan tujuan memastikan bahwa daging yang dibagikan memiliki kualitas yang baik, segar, dan sehat.

Seluruh warga turut berpartisipasi dalam persiapan lokasi penyembelihan, lokasi salat Ied, pemotongan hewan kurban, serta pembagian daging kepada masyarakat secara gotong royong.

The post LDII Papua Barat Datangkan Dokter Hewan Guna Jaga Kualitas Daging Kurban appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/ldii-papua-barat-datangkan-dokter-hewan-guna-jaga-kualitas-daging-kurban/

built with : https://erahajj.co.id