Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Himpun Belasan Ribu Hewan Kurban, Ini Hikmah Idul Adha Menurut LDII

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 03 Juli 2023, 15:24:06

Semarang (3/7). Idul Adha tahun ini, DPW LDII Jawa Tengah menghimpun 11.097 hewan kurban dengan rincian 5.581 sapi dan 5.516 kambing. Berkurban merupakan wujud kesalehan individu dan sosial.

Hal tersebut ditegaskan oleh Ketua DPW LDII Jawa Tengah, Singgih Tri Sulistiyono, “Ibadah yang dinanti umat Islam setiap Idul Adha tersebut, mampu menyelesaikan beberapa masalah sosial yang terjadi,” tuturnya.

Untuk itu, ia meminta semangat berkurban harus terus dilaksanakan oleh umat Islam dalam keseharian mereka .Meneruskan pesan Ketua Umum DPP LDII KH Chriswanto Santoso, berkurban memiliki multiplayer effect atau efek berganda yang signifikan.

Kurban memiliki tempat tersendiri bagi umat Islam, karena bukan sekadar wujud kesalehan dan ketakwaan terhadap Allah, namun memberi manfaat kepada banyak pihak. Guru Besar Ilmu Sejarah Universitas Diponegoro tersebut menambahkan, pembagian daging kurban menjadi sesuatu yang bermanfaat untuk orang lain.

Dari sisi sosial kemasyarakatan, berkurban mampu meningkatkan hubungan yang positif di tengah masyarakat. “Warga bisa memberi tanpa pamrih dan bisa menerima dengan ikhlas. Dengan itu akan terbangun kekuatan sosial yang luar biasa,” ungkapnya.

Sementara daging yang dibagikan dapat meningkatkan asupan gizi masyarakat serta berguna mencegah stunting. “Idul Adha bisa menjadi momentum untuk pencegahan stunting. Terlebih lagi saat ini pemerintah sedang menggalakkan pencegahan stunting,” jelasnya.

Menurut Singgih, jika pembagian daging kurban merata kepada masyarakat, angka stunting dapat ditekan. Ia juga mengapresiasi kepada seluruh warga LDII, yang selalu antusias dalam setiap pelaksanaan ibadah kurban. Kurban telah menjadi tradisi warga LDII, khususnya di Jateng dan selalu mempersiapkanya jauh sebelum Idul Adha.

Caranya dengan menabung yang dikelola secara khusus di masing-masing majelis taklim. “Karena kekuatan LDII itu pada konsolidasi berbasis majelis taklim yakni pengajian yang sifatnya rutin yang dilaksanakan 3-4 hari dalam seminggu,” paparnya.

Acara itu juga dapat dimanfaatkan untuk mengisi tabungan kurban yang dikelola secara khusus. Maka, ketika Idul Adha tiba, warga LDII sudah siap untuk berkurban.

Ketua Biro Komunikasi, Informasi, dan Media (KIM) Jawa Tengah Sobirin menambahkan, antusias warga LDII ditunjukkan dengan peningkatan jumlah hewan kurban. “Kurban juga menjadi masa panen bagi peternak. Mereka mendapat keuntungan yang lebih tinggi dibanding hari-hari biasa,” jelasnya.

The post Himpun Belasan Ribu Hewan Kurban, Ini Hikmah Idul Adha Menurut LDII appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/himpun-belasan-ribu-hewan-kurban-ini-hikmah-idul-adha-menurut-ldii/

built with : https://erahajj.co.id