Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

LDII Banjarnegara Helat Penyuluhan Hukum dan Moderasi Beragama

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 03 Juli 2023, 15:06:44

Banjarnegara (3/7). DPD LDII Banjarnegara bekerja sama dengan Kejaksaan Negeri dan Kemenag Banjarnegara menghelat “Penyuluhan Hukum dan Moderasi Beragama”. Acara tersebut bertempat di Masjid Luhur Sulthon Aulia, Banjarnegara, Jawa Tengah, pada Rabu (21/6).

Penyuluh Agama Kemenag Banjarnegara, Nasirin mengungkapkan, warga negara Indonesia harus memiliki sudut pandang moderat dan toleran. “Apabila hal itu tidak dilakukan, maka kehidupan berbangsa dan bernegara dapat bercerai-berai,” ujarnya.

Ia melanjutkan, sumber permasalahan yang banyak terjadi, dan menyebabkan negara bercerai-berai adalah konflik keagamaan. “Maka moderasi agama menjadi sangat penting untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang utuh dan kuat,” kata Nasirin.

Moderasi beragama, menekankan masyarakat harus menjunjung nilai-nilai yang moderat, karena Indonesia dibangun di atas banyak berbedaan. “Moderasi beragama tidak menyukai kekerasan. Sedangkan toleran adalah sikap sebagai warga negara yang tidak memihak dan melihat agama dan golongan tertentu,” jelasnya.

Pihaknya juga memaparkan empat pilar moderasi beragama, di antaranya memiliki komitmen kebangsaan, sikap toleransi, anti kekerasan, dan penerimaan terhadap tradisi lokal.

Sementara itu, Kasi Intelijen Kejaksaan Negeri Banjarnegara Taufik Hidayat menjelaskan, kemajemukan bangsa Indonesia harus dijaga dan dipelihara sebagai modal sosial serta sumber kekayaan negara. “Bhinneka Tunggal Ika sebagai kesepakatan nasional harus dipertahankan, demi kelangsungan bangsa Indonesia dalam menghadapi perubahan global,” paparnya.

Selain itu, pihaknya mengingatkan pentingnya menjaga dan mempertahankan NKRI. Tak lupa, ia mengajak warga LDII dalam usaha-usaha mempertahankan keutuhan NKRI. “Mempertahankan NKRI adalah tanggung jawab semua dalam rangka mencegah setiap ancaman yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa,” jelasnya.

Selanjutnya, Ketua DPD LDII Banjarnegara, Wahyuliyanto acara itu bertujuan agar warga LDII bisa memahami hukum dalam praktik kehidupan sehari-hari. Sehingga menjadi warga negara yang tertib hukum dan semakin memahami aturan.

“Selain itu warga juga mengetahui pentingnya toleransi beragama, menjadi warga yang moderat, dan dapat menempatkan diri di masyarakat yang majemuk,” tuturnya. (Rizal).

The post LDII Banjarnegara Helat Penyuluhan Hukum dan Moderasi Beragama appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/ldii-banjarnegara-helat-penyuluhan-hukum-dan-moderasi-beragama/

built with : https://erahajj.co.id