Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Warga LDII Kalimantan Barat Sembelih 321 Hewan Kurban

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 03 Juli 2023, 05:17:21

Mempawah (3/7). Pada Idul Adha 1444 H warga LDII Kalimantan Barat berhasil menyembelih 321 hewan kurban. Jumlah tersebut mengalami peningkatakan dibanding tahun sebelumnya. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua DPW LDII Kalimantan Barat, Susanto pada Kamis (29/6).

“Tahun 2022 lalu atau 1443 H, LDII Kalbar melakukan tebar hewan kurban sebanyak 304 ekor, sedangkan tahun 2023 ini mencatatkan jumlah hewan kurban mencapai 321 ekor terdiri dari sapi dan kambing,” katanya.

Ia melanjutkan, antusiasme warga LDII untuk menjalankan ibadah kurban mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. “Alhamdulillah semangat warga LDII untuk berkurban luar biasa, dan itu dapat dilihat dari total jumlah hewan yang berhasil ditebar di 14 kabupaten/kota se Kalimantan Barat,” ungkapnya.

Ia menjelaskan meningkatnya minat warga LDII untuk berkurban didasari oleh komitmen kuat, yang ditanamkan melalui pengajian yang membahas keutamaan ibadah kurban. “Penyembelihan hewan kurban adalah amalan yang paling dicintai Allah pada tanggal 10 Zulhijah. Maka agar mendapat rasa cinta dari Allah, setiap warga menabung selama setahun sampai tiba saatnya hari penyembelihan,” ungkapnya.

Usai pemotongan hewan kurban, daging kurban kemudian dibagikan kepada masyarakat sekitar. “Kami distribusikan daging kurban bukan untuk warga muslim saja, tetapi beberapa daerah kami juga berikan kepada warga non-muslim, terutama yang tidak mampu. Di sinilah kepedulian kami dari sudut sosial,” imbuhnya.

Ia mengungkapkan momentum ibadah kurban juga dapat meningkatkan aktivitas ekonomi, yang akan berdampak positif pada pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

“Banyak peternak yang terbantu, dan ini bagian dari wujud membantu perekonomian peternak. Jika dikalkulasi dengan harga rata untuk sapi Rp20 juta dan kambing Rp3,5 juta, maka perputaran uang di tingkat petani tercatat Rp4,3 miliar lebih,” kata dia.

Menurutnya, ibadah kurban merupakan langkah untuk memperkuat ketakwaan dan kepedulian sosial. “Mohon doanya kami dari LDII Kalbar secara istiqomah dapat memberikan manfaat dan pengabdian, karena hal itu menjadi nawaitu kami,” ujar Susanto. (*)

The post Warga LDII Kalimantan Barat Sembelih 321 Hewan Kurban appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/warga-ldii-kalimantan-barat-sembelih-321-hewan-kurban/

built with : https://erahajj.co.id