Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

LDII PC Cengkareng Gandeng Polsek Cengkareng untuk Pengamanan Kurban

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 03 Juli 2023, 05:14:32

Jakarta (3/7). Warga PC LDII Cengkareng, Jakarta Barat kembali menyembelih puluhan hewan kurban setelah dipastikan aman dari wabah Penyakit Mulut, dan Kuku (PMK). Penyembelihan hewan kurban tersebut bekerja sama dengan Polsek Cengkareng terkait pengamanan kurban.

Kapolsek Cengkareng, Kompol Hasoloan Situmorang menekankan agar panitia kurban lebih memperhatikan keamanan saat penyembelihan, “Sebagaimana mengamankan hewan supaya bisa menyembelih dengan aman karena ada beberapa kejadian hewan kurbannya kabur atau ngamuk,” ucapnya.

Situmorang juga mengapresiasi kegiatan tersebut, karena itu ia berharap kerja samanya dapat berkesinambungan dan meningkat dengan lebih baik lagi, “Kami dari kepolisian mengharapkan sinergisitas kolaborasi kepolisian dengan LDII lebih intensif lagi dalam rangka kegiatan sosial di masyarakat,” ujarnya.

Terkait dengan pendistribusian daging kurban, Ketua PC LDII Cengkareng, Rudy Hartono, menyampaikan pemberian daging kurban menyasar target masyarakat yang membutuhkan. “Dan nanti distribusinya akan dibagikan ke warga LDII dan warga sekitar,” ucap Rudy.

Selanjutnya jumlah kurban, PC LDII Cengkareng tahun ini berkurban sebanyak 15 ekor sapi dan 15 ekor kambing, yang merupakan hasil tabungan bersama jamaah majelis taklim Baitul Muttaqin. “Jadi setiap warga LDII yang ada di lingkungan kami, dianjurkan untuk berkurban supaya mendapatkan pahala dari Allah. Dan saya berharap semoga warga LDII semakin banyak rezekinya dan semakin banyak kurbannya,” tutur Rudy.

Kegiatan penyembelihan dan pengemasan daging kurban itu berlangsung di halaman Masjid Baitul Muttaqin. PC LDII Cengkareng juga memanfaatkan besek yang dilapisi daun pisang atau kantong plastik daur ulang, dari singkong untuk membungkus daging. Hal tersebut sebagai upaya mengurangi limbah plastik dan meningkatkan kesadaran memelihara lingkungan.

Senada dengan Rudy, Perwakilan Unit Pelaksana Teknik, Medik Madia, Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta drh. Syafri Edwar, mengatakan perlunya pengawasan ketat untuk memastikan semua hewan yang disembelih itu dalam kondisi sehat.

“Setelah penyembelihan, fokus di post mortem itu perlu diterapkan higienalnya, kebersihan pada saat kita mengelola hewan setelah dipotong. Sudah kami lihat ada pemisahan antara daging, jeroan merah, dan jeroan hijau, nanti baru setelah dilakukan pemotongan terakhir adalah pengemasan, yaitu dipisahkan juga antara daging dan jeroan,” tutup Syafri. (Aryani/Lines)

The post LDII PC Cengkareng Gandeng Polsek Cengkareng untuk Pengamanan Kurban appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/ldii-pc-cengkareng-gandeng-polsek-cengkareng-untuk-pengamanan-kurban/

built with : https://erahajj.co.id