Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

LDII dan BSI Kolaborasi Tingkatkan Kapasitas Usaha Bersama Jawa Tengah dalam Era Digital

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 27 Juni 2023, 10:28:37

Kendal (27/6). Forum Komunikasi Usaha Bersama (Forkom UB) jawa Tengah telah dikukuhkan pada Minggu (25/6) di GNBS Kendal, Jawa Tengah. Acara pengukuhan tersebut mengangkat tema “Digitalisasi Pengelolaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah menuju Kesejahteraan Masyarakat Jawa Tengah”.

Acara kerja sama DPW LDII Jateng dan Bank Syariah Indonesia (BSI) ini merupakan kolaborasi antara berbagai daerah di Jawa Tengah dengan tujuan meningkatkan kapasitas bisnis usaha bersama (UB) agar dapat berkembang dalam era digital.

Ketua DPP LDII bidang Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat (EPM) Ardito Bhinadi menyampaikan ucapan selamat atas pengukuhan Forkom UB Jawa Tengah. Ia berharap agar forum ini segera menggerakkan dan menjalankan UB-UB seprovinsi Jateng agar dapat mencapai hasil yang lebih baik.

Ardito juga berharap melalui kolaborasi itu, bisnis UB dapat meningkat kapasitasnya sehingga bisa berkembang dengan baik. Ardito sangat optimis dengan potensi di Jawa Tengah, di mana terdapat sekitar 480 UB yang tersebar di seluruh provinsi tersebut.

Dengan pengelolaan yang baik, ia yakin UB di Jawa Tengah dapat masuk dalam 10 besar UB dengan laba bersih yang tinggi. Ardito memberikan semangat kepada para pelaku usaha tersebut. Selain itu, Ardito juga menyambut baik kehadiran pengusaha-pengusaha besar dan sukses di Jawa Tengah dalam acara tersebut.

Ia berharap adanya kerja sama yang baik antara Forkom UB Jawa Tengah dengan Bank Syariah Indonesia (BSI), mengingat LDII memiliki tobiat luhur seperti jujur, amanah, rukun, kompak, kerjasama yang baik, dan mujhid-muzhid.

Ketua DPW LDII Singgih Tri Sulistiyono yang membuka acara tersebut memberikan dukungan terhadap program ekonomi LDII. Meskipun LDII bukan organisasi dakwah yang mengaji, namun juga peduli terhadap pendidikan dengan mendirikan sekolah.

Selain itu, pesantren sosial yang didirikan oleh LDII juga memberikan kesempatan kepada masyarakat dari berbagai usia untuk mengikuti kegiatan pengembangan diri dan menambah ilmu agama.

Pengukuhan Forum Komunikasi Usaha Bersama Jawa Tengah dengan tema Digitalisasi Pengelolaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah menuju Kesejahteraan Masyarakat Jawa Tengah telah dilaksanakan dengan sukses. (Istimewa)

“LDII tidak hanya fokus pada ketahanan pangan mandiri, kebangsaan nasional, dan olahraga seperti silat, panahan, sepakbola dini, dan atletik bagi generasi penerus, tetapi juga memberikan perhatian pada pemberdayaan ekonomi masyarakat dalam era digital,” jelas Singgih.

SDM LDII memiliki mentalitas kuat untuk bekerjasama dengan BSI dalam mengangkat ekonomi pas-pasan menjadi lebih baik, “Dengan adanya sekitar 480 usaha bersama yang tersebar di 34 kota/kabupaten di Jawa Tengah, diharapkan usaha-usaha ini dapat dikelola dengan baik dan profesional,” harap Guru Besar Ilmu Sejarah Undip ini. Dengan kerja sama tersebut, memungkinkan pergerakan modal UB dapat dikontrol melalui BSI.

Menanggapi hal itu, BSI yang diwakil Sigit Yugo Nugroho menyambut baik dan siap bekerja sama dengan LDII, “Prinsipnya kami siap mendukung Forkom UB yang dibina di LDII untuk bersama-sama memajukan ekonomi masyarakat di Jawa Tengah,” ujar Sigit.

BSI telah memiliki banyak produk di antaranya pembiayaan sepeti smart medium enterprise, consumer, mikro dan pawning dan produk pendanaan seperti tabungan, giro dan deposito serta produk transaksi lainnya.

Adapun struktur pengurus Forkom UB Jawa Tengah adalah sebagai Ketua H Sumardi (Boyolali), Sekretaris, Ivan Basuki (Semarang), bendahara, Arifin (Solo)

Bidang-bidang seperti bidang produksi, Macmud Lutfi Huzain (Sukoharjo), Pemasaran dan Distribusi, Is Heriyanto (Sukoharjo), Akuntansi dan Keuangan, Muhammad Asat (Kudus), Teknologi Informasi, Ali Nasrun, (Cilacap), Peternakan dan Pertanian, H Sutadi (Sukoharjo), Property, Erwin Yuliarso (Semarang),

Korda Banyumas: H Supramono, (Purwokerto), Korda Kedu, H Sisno (Temanggung), Korda Pati, H Sutono (Pati), Korda Pekalongan, M Sam’un WB, (Pekalongan), Korda Semarang, H Sunarto (Semarang), Korda Surakarta, Nazarrudin, (Solo).

The post LDII dan BSI Kolaborasi Tingkatkan Kapasitas Usaha Bersama Jawa Tengah dalam Era Digital appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/ldii-dan-bsi-kolaborasi-tingkatkan-kapasitas-usaha-bersama-jawa-tengah-dalam-era-digital/

built with : https://erahajj.co.id