Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Tidur Sebelum Jam 10 Malam Sulitkah? Begini Tipsnya!

Kategori : LDII News, Tahukah Anda, Ditulis pada : 21 Juni 2023, 08:29:39

Semakin dewasa, katanya, semakin kita tidak terbiasa tidur tepat pada waktunya. Pekerjaan kantor yang kian hari kian membebani, tugas kuliah yang menumpuk, juga kegiatan-kegiatan lain yang membuat kita merasa 24 jam tidak cukup untuk menyelesaikannya.

Tanpa sadar, rentetan beban dan tanggungjawab itu membuat kita mau tak mau bergadang untuk menyelesaikannya. Sampai mengorbankan waktu tidur yang ideal. Padahal menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes), orang dewasa dengan rentang usia 18 hingga 40 tahun membutuhkan waktu sekitar 8 jam untuk tidur. Degan kebiasaan bergadang menyelesaikan pekerjaan kantor dan tugas-tugas yang menumpuk, akan berujung gangguan kesehatan.

Berikut kiat mencapai waktu tidur yang maksimal, agar lebih optimal dalam menjalani hari dan menjaga kesehatan.

1. Membuat daftar rutinitas harian

Siapa yang masih sering membuat rutinitas harian? Hal ini sangat bagus untuk membuat kita keep on track dalam sehari-hari. Misal sudah diketahui bahwa pekerjaan kantor mulai dari jam 09.00 hingga 17.00.

Maka kita harus buat daftar kegiatan kira-kira sebelum jam 09.00 dan setelah 17.00. Pastikan pekerjaan kantor selesai di kantor, jangan ada yang dibawa pulang ke rumah. Buat jadwal tidur yang rutin setiap harinya sehingga tubuh akan terbiasa untuk beristirahat di rentang waktu yang sama.

2. Hindari elektronik 30 menit sebelum tidur

Menatap layar elektronik dapat membuat mata semakin lelah tapi tidak untuk tidur. Sinar biru memperlambat produksi hormon pemicu kantuk, sehingga, semakin lama menatap layar elektronik membuat kita semakin enggan untuk tidur.

Untuk itu, sebaiknya jauhkan mata dari sinar layar elektronik minimal 30 menit sebelum tidur. Agar mata bisa beristirahat dengan lebih mudah tanpa gangguan sinar biru elektronik.

3. Minum susu hangat menjelang tidur

Menurut kesehatan, minum susu hangat membuat otot menjadi rileks dan respon tubuh menjadi lebih lambat. Oleh sebab rasa rileks dan perlambatan itu, memicu rasa kantuk dalam tubuh kita sehingga mempercepat tidur.

4. Coba meredupkan suasana kamar sebelum tidur

Dengan suasana yang redup atau remang, membuat tubuh menjadi lebih rileks. Karena pada dasarnya, paparan cahaya menstimulasi tubuh dan pikiran untuk waspada, sehingga tubuh dan pikiran terus terjaga.

Dengan redupnya suasana sekitar atau bahkan mematikan cahaya lampu, dapat memproduksi hormon yang memicu rasa kantuk, sehingga dapat terhindar dari bergadang.

Begitulah beberapa tips yang dapat dipraktikkan untuk meningkatkan kualitas tidur dan menghindari bergadang. Karena kualitas tidur yang baik, akan membawa segudang manfaat bagi tubuh. Jadi, jangan bergadang lagi, ya!

The post Tidur Sebelum Jam 10 Malam Sulitkah? Begini Tipsnya! appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/tidur-sebelum-jam-10-malam-sulitkah-begini-tipsnya/

built with : https://erahajj.co.id