Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Pendaki Pemula, Ini Dia 5 Tips Mendaki yang Perlu Kamu Tahu!

Kategori : LDII News, Tahukah Anda, Ditulis pada : 19 Juni 2023, 06:57:39

Jakarta (19/06). Mendaki gunung salah satu olahraga yang membutuhkan tenaga, fisik, bekal serta perlengkapan yang matang. Jika perlengkapan dan bekal perjalanan kurang disiapkan dengan baik, saat kendala perjalanan muncul, seperti cedera, kurangnya bahan makanan maupun hipotermia, pendakian menjadi sulit dan berbahaya.

Anggota DPD LDII kota Depok bidang Pemuda Kepanduan Olahraga dan Seni Budaya (PKOSB) Nurul Ulya, mengatakan hal yang sangat berpengaruh saat mendaki gunung adalah kesehatan. “Faktor yang perlu diperhatikan itu fisik dan mental, keduanya harus fit,” katanya.

Sebagai antisipasi, berikut tips yang perlu diperhatikan pendaki jika ingin pendakiannya berjalan mulus.

Latihan Fisik
Dalam mendaki gunung fisik merupakan hal paling penting yang perlu dijaga. Latihan fisik dapat dilakukan dengan olahraga teratur, seperti berlari. Dengan berlari sesorang bisa menjaga serta mengatur pernapasan maupun langkahnya.

Persiapan Mental
Selain fisik, mental pendaki juga harus dipertimbangkan. Seorang pendaki harus memiliki mental yang tangguh, tidak banyak mengeluh, sabar, tidak terburu-buru, bersikap taktis dan strategis dalam mengambil keputusan.

Mencari Informasi Gunung yang Dituju
Perbanyak informasi akan gunung yang ingin dituju, sebab dengan informasi yang didapat, sedikitnya, calon pendaki bisa mengenal karakter cuaca, jarak serta medan gunungnya seperti apa.

Lengkapi Perlengkapan Mendaki
Siapkan peralatan pribadi untuk menjga tubuh dari racun hewan atau tanaman. Untuk menjaga suhu tubuh di di pegunungan yang bersuhu rendah, gunakan jaket yang tebal, sleeping bag, pakaian ganti secukupnya, sepatu, tracking pole, tenda dan yang terpenting P3K.

Bawa Perbekalan Makanan dan Air yang Cukup
Ketika mendaki gunung, tubuh akan bekerja setiap jamnya, untuk itu perlu asupan makanan dan minuman agar daya tahan tubuh dapat terjaga dengan baik. Perbekalan makanan dan minuman yang harus dibawa ketika mendaki seperti daging, buah-buahan, dan air mineral minimal 3-5 liter.

Jika anda merupakan pendaki pemula, perhatikan tips tersebut. Kondisi fisik pribadi sangat menentukan proses pendakian. Jika fisik dalam kondisi yang kurang baik nantinya justru hanya akan merepotkan diri sendiri dan orang lain. Serta jangan lupa berdoa sebelum memulai pendakian. Selamat mendaki! (IS/LINES)

The post Pendaki Pemula, Ini Dia 5 Tips Mendaki yang Perlu Kamu Tahu! appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/pendaki-pemula-ini-dia-5-tips-mendaki-yang-perlu-kamu-tahu/

built with : https://erahajj.co.id