Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Buka Konsolidasi Organisasi LDII Kalteng, Bupati Kotim Ungkap Peran Penting Ormas Islam

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 19 Mei 2023, 09:52:55

Sampit, (19/5). Bupati Halikinnor membuka acara konsolidasi organisasi dan workshop teknologi informasi (TI) yang digelar LDII Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) pada Minggu (14/5). Ia mengajak ormas Islam meningkatkan kontribusinya terhadap pembangunan Kabupaten Kotim, Kalimantan Tengah.

Dalam sambutannya, Halikinnor mengingatkan peran strategis dan aktifnya ormas Islam di Kotim termasuk LDII yang andil menyumbangkan pemikiran dan kontribusi langsung menciptakan kehidupan kerukunan umat beragama lainnya. “Kami bersyukur bahwa Sampit termasuk kota yang agamis, kehidupan antar umat agama sangat rukun dan toleransi sangat tinggi,” ungkapnya.

Ia mencontohkan pada Idul Fitri, meskipun terjadi perbedaan perayaan namun tidak ada gejolak masalah apapun. “Umat Islam itu rahmatan lil alamin. Itu ditunjukkan oleh umat beragama di Kabupaten Kotawaringin Timur,” ujarnya.

Selain itu, Halikinnor juga mengapresiasi program LDII yang menempatkan kebangsaan sebagai poin pertama. Menurutnya hal itu sikap kebangsaan menjaga keberagaman agama dan budaya di Indonesia. “Bagaimana kita bisa membangun dan beribadah dengan baik apabila daerah kita tidak aman bergejolak?,” ujarnya.

Halikinnor memberikan gambaran sebuah negara di Timur Tengah, meskipun Islam adalah agama mayoritas, ternyata bisa perang saudara. “Sementara Indonesia juga banyak, karena itu kekuatan kebangsaan Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI jadi harga mati bagi kita. NKRI bisa berdiri hingga saat ini bukan hanya sebab kekuatan kita, tetapi karena kekuatan dari Yang Maha Kuasa,” tegasnya.

Kepada seluruh pengurus LDII Kotawaringin Timur, Halikinnor berharap komunikasi dan konsultasi terjaga terus menerus dengan semua pihak terutama tokoh agama, tokoh masyarakat serta instansi berwenang yang menata kehidupan beragama.

Halikinnor juga akan mengagendakan mengundang semua organisasi keagamaan, “Majelis Ulama, Nahdatul Ulama, Muhammadiyah, LDII berkumpul seperti coffee morning di rumah jabatan Bupati. Pemerintah ini perlu informasi, masukan, saran, termasuk perlu dikritik,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua DPW LDII Kalimantan Tengah, HM Nur Prayudi menekankan pentingnya kerukunan dalam menjaga persatuan dan persatuan bangsa. “Kami tahu Indonesia begitu beragam, jika telah timbul konflik atau gesekan antara golongan, suku, antar umat beragama, maka pemulihannya sulit,” ungkapnya saat memberikan sambutan di masjid Al Barokah Sampit.

Ia mengingatkan pesan yang pernah disampaikan oleh Teras Narang, Gubernur Kalteng periode 2005-2015, bahwa kerukunan itu harganya mahal. Terbentuknya kerukunan bisa dilakukan melalui silaturahim. Prayudi berpesan kepada pengurus yang hadir agar para warga menjaga kerukunan dan keharmonisan. “Dan akan lebih baik lagi apabila diakhiri dengan kerja sama yang baik,”katanya

Menghadapi tahun politik dan pemilu 2024, Prayudi menegaskan kepada warga LDII terkait sikap netral aktif. Sebagai lembaga tidak memihak kepada salah satu konstestan, namun sebagai warga negara, warga LDII diwajibkan menggunakan hak pilihnya, “Jangan golput, sayang suara dibuang!” ingatnya.

Turut hadir dalam pembukaan acara, Sekda Pemda Kotim Drs Fajrur Rahman, Camat Baamang Sufiansyah, Lurah Baamang Barat Agus Salim, MUI Kecamatan Baamang KH Zainuddin, Polsek Baamang Iptu Yuly, Babinsa Baamang Sertu Roni, Ketua DPW LDII Kalteng HM Nur Prayudi dan Sekretaris Zia A Azis, perwakilan pengurus LDII Kabupaten Seruyan dan Kabupaten Katingan, serta warga LDII Kabupaten Kotim. (PS).

The post Buka Konsolidasi Organisasi LDII Kalteng, Bupati Kotim Ungkap Peran Penting Ormas Islam appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/buka-konsolidasi-organisasi-ldii-kalteng-bupati-kotim-ungkap-peran-penting-ormas-islam/

built with : https://erahajj.co.id