Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

LDII Depok Latih Disiplin Generasi Muda dengan Naik Gunung Merbabu

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 19 Mei 2023, 09:49:25

Depok (19/5). DPD LDII Kota Depok mengajak generasi muda untuk melatih kedisiplinan serta kemandiriannya melalui pendakian Gunung Merbabu. Acara yang berlangsung pada 28 April hingga 1 Mei 2023 ini sebagai media kemandirian untuk generasi muda.

Pendakian ini selain menjadi pembelajaran hidup bagi generasi muda juga dapat menambah ketakwaan dalam melihat kebesaran ciptaan Allah SWT. “Dalam kegiatan ini, kami mengajak generasi muda untuk mengeksplorasi hal baru dan belajar mensyukuri nikmat Allah,” kata Anggota Pemuda, Kepanduan, Olahraga dan Seni Budaya DPD LDII Kota Depok Brian Anggoro.

Ia juga melanjutkan puncak gunung bukanlah tujuan utama dalam pendakian, tetapi tujuan utama yang sesungguhnya adalah pulang ke rumah dengan selamat. “Puncak itu bonus, kompak itu harus, dan pulang ke rumah dengan selamat itu tujuan dari mendaki gunung,” katanya.

Selain itu, generasi muda turut mengamalkan belajar, bagaimana menghadapi tantangan tetap beribadah serta menyucikan diri saat dalam keterbatasan air di pegunungan. “Kami menginap di pos ketiga, dan sangat jauh dari mata air, walaupun demikian dalam beribadah kami ajarkan untuk tayamum dengan debu yang menempel di atas tenda atau di tempat lain yang suci,” ujarnya.

Sebanyak 18 generasi muda mengikuti kegiatan itu. Mereka saling mengenal dengan sesama teman, serta belajar memahami bahwa mendapatkan sesuatu yang indah itu melalui proses yang tidak mudah.

“Dengan banyaknya pengalaman dalam mendaki gunung, mengeksplorasi tempat yang baru. Kami selalu menjaga lingkungan yang ada di Gunung Merbabu, sebagai wujud syukur kepada Allah yang memberi alam yang indah,” tuturnya.

Brian pun berharap kepada generasi muda LDII dapat menambah kecintaannya terhadap alam sekitar dan menghargai sesama makhluk hidup.

Sebagai informasi, Gunung Merbabu merupakan gunung tertinggi ketiga setelah Gunung Slamet dan Gunung Sumbing. Dengan ketinggian 3.145 mdpl ini, terdapat flora dan fauna yang tumbuh secara liar di alamnya, seperti tanaman edelweis, pohon akasia, cemara gunung, kera ekor panjang serta masih banyak lagi.

The post LDII Depok Latih Disiplin Generasi Muda dengan Naik Gunung Merbabu appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/ldii-depok-latih-disiplin-generasi-muda-dengan-naik-gunung-merbabu/

built with : https://erahajj.co.id