Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Diklat Bela Negara LDII Kota Tangerang, Tekankan Pentingnya Wawasan Kebangsaan bagi Warga Negara

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 24 Maret 2023, 09:19:34

Tangerang (24/3). Wawasan kebangsaan merupakan cara pandang bangsa Indonesia terhadap dirinya, terkait tantangan dalam berbangsa dan bernegara. Hal tersebut mengemuka dalam ‘Diklat Pemantapan Bela Negara’ yang diselenggarakan DPD LDII Kota Tangerang di Gedung Serbaguna LDII Bojong Nangka, Kelapa Dua, Tangerang, Banten pada Minggu (19/3/2023).

Ketua Panitia Pelaksana, Gani Wahyudin mengatakan wawasan kebangsaan adalah cara pandang bangsa Indonesia dalam mengelola kehidupan berbangsa dan bernegara, yang dilandasi jatidiri bangsa dan kesadaran terhadap sistem nasional yang bersumber dari Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Melalui wawasan ini, warga negara akan memiliki rasa bela negara dan cinta tanah air. Wawasan kebangsaan adalah bagian dari pemahaman berwarga negara,” kata Gani.

Ia mengatakan konsep wawasan kebangsaan adalah komponen sangat mendasar bagi bangsa Indonesia. Wawasan kebangsaan adalah konsep yang membedakan bangsa Indonesia dengan bangsa-bangsa lain. Tujuan utama wawasan kebangsaan adalah membangun dan mengembangkan persatuan dan kesatuan. “Kesadaran wawasan kebangsaan dan bela negara ini sangat penting dipahami oleh generasi muda Indonesia agar kecintaan kepada NKRI bisa tertanam dalam rangka membangun negara di masa depan,” ujarnya.

Dibuka oleh pembina upacara sekaligus Wanhatda LDII Tangerang Kota, K.H. Abbas Syafe’i, Diklat Bela Negara LDII Kota Tangerang diikuti 300 peserta. Pembukaan diramaikan dengan atraksi dari Persinas ASAD, kemudian dilanjutkan dengan jalan sehat sejauh 20 kilometer. Materi wawasan kebangsaan disampaikan oleh Marsda TNI (Purn) Nur Pramadi, dilanjutkan dengan penyuluhan pencegahan Narkoba oleh Iptu Budi Widodo dari Polres Tangerang Kota.

Gani Wahyudin juga menegaskan pentingnya penyuluhan anti-Narkoba sebab maraknya pengedaran narkotika dan obat-obatan terlarang lainnya di kalangan generasi muda. Penyuluhan dari Polres diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan para peserta diklat tentang bahaya narkotika, dan menjadikan warga LDII penggiat antinarkoba di lingkungannya.

“Tujuan adanya kegiatan ini yaitu memberikan wawasan dan pengetahuan kepada pemuda dan anggota Senkom Mitra Polri dan anggota Pramuka, tentang bahaya penyalahgunaan Narkoba serta dampak buruk yang ditimbulkannya,” ujarnya.

The post Diklat Bela Negara LDII Kota Tangerang, Tekankan Pentingnya Wawasan Kebangsaan bagi Warga Negara appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/diklat-bela-negara-ldii-kota-tangerang-tekankan-pentingnya-wawasan-kebangsaan-bagi-warga-negara/

built with : https://erahajj.co.id