Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Dinas Kesehatan Sleman Gandeng DPRD DIY dan LDII Helat Sosialisasi “Long Covid”

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 23 Maret 2023, 10:56:40

Sleman (23/3). Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Depok II, Dinas Kesehataan Kabupaten Sleman, bekerja sama dengan DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Pimpinan Cabang LDII Depok serta Pimpinan Anak Cabang se-Kapanewon Depok menghelat “Sosialisasi Long Covid”, pada Senin (13/3). Acara itu diikuti 50-an kader kesehatan LDII dan umum, se-Kapanewon Depok, bertempat di Ruang Wacana Loka, Kantor Kelurahan Condongcatur, Sleman, DIY.

Anggota Komisi D, DPRD DIY Nurcholis Suharman, berharap melalui sosialisasi tersebut dapat menjadi media peningkatan kapasitas pemahaman kesehatan di masyarakat. “Semoga bermanfaat, tidak hanya untuk sektor kesehatan. Ke depan, dapat juga untuk bidang pendidikan, kebudayaan dan lainnya, yang menjadi kebutuhan dan perhatian masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Lurah Condongcatur Reno Candra Sangaji, menyambut baik program tersebut. “Kami siap, untuk program-program selanjutnya, dilaksanakan di Kelurahan Condongcatur,” pungkasnya.

Pemateri dari Divisi Pulmonologi, Departemen Ilmu Penyakit Dalam, FKKMK UGM, Nur Rahmi Ananda, mengatakan, long Covid adalah gejala Covid-19 yang menetap, selama 3 bulan sejak terinfeksi. “Gejala umumnya adalah sesak nafas, gangguan kognitif, yang mengganggu fungsi sehari-hari,” pungkasnya.

Nanda menjelaskan, gejala yang paling sering adalah kecemasan. “Kami ada satu pasien, sampai sekarang cemas. Tidak berani membuka pintu dan jendela rumah, karena saking takutnya,” ujarnya.

Gejala lainnya, ada gangguan tidur, mata memerah, penurunan pengelihatan, nyeri otot, dan kelelahan. “Penelitian di Indonesia, 66,5% pasien Covid-19, mengalami long Covid,” ujar dokter di RSUP dr Sardjito Yogyakarta tersebut.

Langkah penanganannya, jika gejala tersebut mengganggu fungsi sehari-hari, atau orang di sekitar, perlu dibawa ke fasilitas kesehatan. “Perlu dilihat, apakah ada penyakit organik pada pasien tersebut. Jika tidak ada, berarti long Covid,” ujar Nanda.

Apabila mengalami long Covid, maka pasien disarankan melakukan olahraga ringan secara rutin. “Jalan secara rutin, kemudian latihan balancing, latihan secara terukur,” pungkasnya.

Kemudian, untuk semakin meminimalisir kejadian tersebut. Yang belum vaksin, maka perlu melakukan vaksinasi. “Jika imunitas alami sudah terbentuk, jika terkena, maka tidak akan parah,” tutupnya.

Terakhir, Ketua PAC LDII Condongcatur Dalino mengungkapkan, diperlukan edukasi mengenai kesehatan, terutama pasca pandemi Covid-19. “Kami berharap acara seperti ini diadakan kembali secara periodik sehingga edukasi kesehatan bisa diterima. Sehingga hal-hal kebaikan untuk semua bisa diperoleh,” tutupnya.

The post Dinas Kesehatan Sleman Gandeng DPRD DIY dan LDII Helat Sosialisasi “Long Covid” appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/dinas-kesehatan-sleman-gandeng-dprd-diy-dan-ldii-helat-sosialisasi-long-covid/

built with : https://erahajj.co.id