Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

LDII Mimika Kerjasama dengan Kejati Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 21 Maret 2023, 15:47:35

Timika (21/3). DPD LDII Kabupaten Mimika bersama Kejaksaan Negeri (Kejari) Mimika menggelar sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan. Acara tersebut dilaksanakan di Aula Gedung Serbaguna LDII Mimika, Kota Timika, Papua Tengah, pada Sabtu (11/2).

Pemateri Kejati, Kasi Intel Masdalianto mengapresiasi pengurus DPD LDII Mimika atas terselenggaranya sosialisasi tersebut. Selain itu, ia mengingatkan bahwa kesadaran hukum bagi masyarakat hendaknya dipupuk sejak dini dari lingkungan keluarga.

“Taat itu awalnya dari diri sendiri yang dipupuk sejak sekolah atau dari keluarga,” ujarnya. Sedangkan salah satu faktor pendukung kuatnya benteng pertahanan negara adalah adanya Empat Pilar kKebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Dijelaskan Masdalianto, Empat Pilar Kebangsaan tersebut harus dipraktikkan masyarakat, agar terus tumbuh kesadaran kehidupan berbangsa dan bernegara, “Gotong royong, toleransi, kerukunan dan hidup berdampingan merupakan nilai-nilai yang sejalan dengan empat pilar kebangsaan,” tuturnya.

Menurutnya, Pancasila sudah menjadi keyakinan bangsa Indonesia sebagai dasar negara dan menjadi payung UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara. Maka, empat pilar kebangsaan akan menjadi nilai dan kekuatan bangsa yang tak akan terpisahkan oleh gelombang zaman.

Ia menambahkan, pilar kebangsaan mampu mengimbangi tuntutan dan tantangan perubahan. “Karena itu butuh integritas bersama agar semakin kokoh, semakin mewarnai keberlanjutan dan dinamika kebangsaan ke depan,” ujarnya.

Karena itu Masdalianto juga mengajak pengurus dan warga LDII di Kabupaten Mimika untuk terus konsisten menerapkan dan mensosialisasikan wawasan kebangsaan, serta tetap memegang teguh ketaatan terhadap norma hukum yang berlaku.

Ia mengapresiasi undangan LDII Mimika tersebut, “Kami berharap sosialisasi ini bukan hanya sekedar sosialisasi tapi betul betul dipraktekkan oleh warga LDII. Sosialisasi empat pilar kebangsaan ini harus ditanamkan dalam pikiran dan perbuatan agar kita menjadi manusia yang berkontribusi positif bagi masyarakat, bangsa dan negara,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua LDII Mimika Laode Muh Norris Ashara dalam sambutannya mengatakan, pemahaman empat pilar kebangsaan penting untuk dipahami dan dimengerti oleh masyarakat termasuk warga LDII Mimika.

Tamu undangan yang hadir di antaranya Kepala Kesbangpol Mimika yang diwakili oleh Kepala Sub Bidang Wawasan Kebangsaan, Brigif Raider 20/IJK Mimika yang diwakili Pasiter Kapten Inf. Sutarwo, Ketua FKUB Kabupaten Mimika Ignatius Robert Adii, Ketua Persinas ASAD Adji Siswanto Abdilah serta Ketua Senkom Mitra Polri Mimika Fadly Elisa Go’o.

The post LDII Mimika Kerjasama dengan Kejati Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/ldii-mimika-kerjasama-dengan-kejati-sosialisasikan-empat-pilar-kebangsaan/

built with : https://erahajj.co.id