Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

650 Pesilat Pelajar Bertarung di Kejuaraan Pencak Silat Raden Mas Said Cup IV 2023

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 02 Maret 2023, 07:49:35

Wonogiri (2/3). Sekitar 650 pesilat pelajar SD hingga SMA turut berpartisipasi dalam kejuaraan Pencak Silat Pelajar Raden Mas Said Cup-IV. Kejuaraan tersebut diselenggarakan di GOR Giri Mandala Wonogiri, Jawa Tengah, sejak 27 Februari hingga 2 Maret 2023.

Menurut Ketua IPSI Kabupaten Wonogiri Weda Hendragiri, kegiatan tersebut telah menjadi agenda rutin tahunan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Wonogiri. Bahkan, pesertanya terus meningkat dari tahun ke tahun.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Wonogiri, Haryanto, dalam sambutannya menyampaikan pencak silat merupakan salah satu cabang olahraga warisan budaya asli Indonesia yang mendunia. Ia berharap di masa depan akan ada pesilat Wonogiri, yang mampu menjadi wakil Indonesia di kancah internasional.

“Dengan adanya inisiatif IPSI Wonogiri dalam melaksanakan event berjenjang melalui RM Said Cup yang sudah keempat kalinya diselenggarakan ini, menjadi rangsangan bagi pesilat-pesilat, mulai dari usia dini di Wonogiri,” ungkap Haryanto.

Haryanto menambahkan, sinyal positif ini perlu direspon oleh sekolah-sekolah di Kabupaten Wonogiri, bahwa terdapat potensi luar biasa di antara para pelajar yang perlu wadah yang jelas. Selain dari sisi akademik, juga harus diimbangi dari sisi olahraga.

“Selain rangsangan dari Bupati melalui program beasiswa pelajar dan mahasiswa berprestasi. IPSI Wonogiri berupaya memberikan ajang sebagai sarana silaturahim dan pembinaan prestasi,” tambah Haryanto.

Sementara itu, Weda Hendragiri, yang juga Sekretaris Pengurus Besar Persinas ASAD dalam sambutannya menyampaikan, potensi olahraga di Wonogiri sangat luar biasa, terutama pada cabang olahraga Pencak Silat. Terbukti dari event yang diselenggarakan setiap tahun mengalami peningkatan signifikan dari jumlah peserta, bahkan panitia harus menolak karena pertimbangan alokasi waktu yang disediakan.

“IPSI Wonogiri berharap, tentunya dalam pembinaan prestasi perlu sinergi antar stakeholder yaitu IPSI, KONI, Dispora, dan Dinas Pendidikan. Hal ini sangat penting agar arah pembinaan prestasi di club olahraga/perguruan silat semakin jelas,” tambah Weda yang juga Wakil Sekretaris DPD LDII Wonogiri.

“Terhitung ada 100 pesilat dari LDII yang turut berpartisipasi dalam kejuaraan baik dari kelas SD (Caberawit), SMP (Pra Remaja), maupun SMA (Remaja). 100 pesilat ini berasal dari 17 Perguruan Cabang LDII di DPD LDII Kabupaten Wonogiri,” tutup Ketua IPSI yang juga salah satu pengasuh Pondok Pesantren yang dinaungi LDII Wonogiri. (Rizal PM)

The post 650 Pesilat Pelajar Bertarung di Kejuaraan Pencak Silat Raden Mas Said Cup IV 2023 appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/650-pesilat-pelajar-bertarung-di-kejuaraan-pencak-silat-raden-mas-said-cup-iv-2023/

built with : https://erahajj.co.id