Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Relawan LDII bersama TNI-Polri, dan Senkom Gotong-Royong Perbaiki Tanggul Air yang Jebol

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 25 Februari 2023, 03:01:42

Klaten (25/2). Intensitas hujan yang cukup tinggi di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah menyebabkan jebolnya tanggul sungai di desa Kragilan, Kecamatan Gantiwarno. Bahkan di beberapa lokasi di Klaten mengalami tanah longsor.

Mengantisipasi bahaya yang lebih besar, PC LDII Gantiwarno bersama TNI, Polri, Senkom Rescue, Banser BBWS Bengawan Solo bersama warga bahu-membahu memperbaiki tanggul yang jebol, serta membuat tembok penahan di lokasi longsor pada Minggu, (5/2).

“Sebenarnya tanggul sudah mulai mengalami longsor sejak bulan lalu, namun karena intensitas curah hujan yang cukup tinggi maka dampak longsor semakin membesar,” ujar Sawiji warga LDII Dukuh Soka, Gantiwarno.

“Sejak Kamis sampai Sabtu curah hujan semakin tinggi, yang menyebabkan debit air di sungai semakin tinggi, sehingga memperparah longsor. Akibatnya pada Sabtu tanggul jebol hingga bahu jalan di tiga titik, yakni di Dukuh Kragilan, Dukuh Cendol, dan Dukuh Soka,” tambahnya.

Menurut laporan Ketua RT Dukuh Soka Suparto tanggul yang jebol di desa Soka kurang lebih sepanjang 25 meter dan di Dukuh Cendol sepanjang tujuh meter.

“Karena luasnya area yang longsor, maka gotong royong ini dibagi menjadi tiga shift, yakni pagi, siang dan sore. Adapun setiap shift terdiri dari 50 orang, yaitu perwakilan dari unsur TNI, Polri, Relawan PC LDII, Senkom Rescue, Banser dan warga sekitar,” tambah Suparto.

“Sementara tanggul yang jebol di Desa Soka, kami tambal dengan dengan bebatuan, dan yang di Desa Cendol kami tambal dengan tumpukan-tumpukan karung berisi pasir. Kedepannya pemerintah akan menutup secara merata tanggul-tanggul yang rawan jebol dengan material batu dan rangkaian kawat,” tutup Suparto. (Rizal PM/Tony Lines)

The post Relawan LDII bersama TNI-Polri, dan Senkom Gotong-Royong Perbaiki Tanggul Air yang Jebol appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/relawan-ldii-bersama-tni-polri-dan-senkom-gotong-royong-perbaiki-tanggul-air-yang-jebol/

built with : https://erahajj.co.id