Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Rakorwil LDII Kaltim Bahas Strategi Pemberdayaan Ekonomi Umat

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 23 Februari 2023, 17:57:46

Penajam (24/2). DPW LDII Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) selama dua hari. Acara tersebut bertempat di Masjid Al Munajah Desa Giri Mukti Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kaltim pada Sabtu-Minggu (18-19/2).

Rakorwil diikuti pengurus DPD LDII dari sembilan kabupaten/kota se-Kaltim, yang meliputi Samarinda, Balikpapan, Bontang, Kutai Barat, Kutai Timur, Kutai Kartanegara, Penajam Paser Utara, Paser, dan yang terjauh dari Berau. Panitia mencatat lebih kurang 80-an peserta dan panitia hadir mengikuti Rakorwil.

Ketua DPW LDII Kaltim Krishna Purnawan Candra mengatakan, Rakorwil sebagai tindak lanjut Musyawarah Wilayah VII (Muswil) di Samarinda, 15 Februari 2022 yang lalu. Rakorwil mengangkat tema “Meningkatkan Kualitas SDM yang Profesional Religius untuk Mendukung Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur yang Berdaulat”.

Ia mengungkapkan, ada dua agenda yang dibahas dalam Rakorwil tersebut. “Pertama, mengenai pembentukan Forum Komunikasi Usaha Bersama (Forkom UB), dan kedua mengenai kepanduan,” ujarnya.

Berbicara pembinaan generasi muda, ia mengatakan beberapa DPD di Kaltim telah menanungi beberapa yayasan, yang berhasil mendirikan pendidkan formal. “Mulai dari PAUD, SD, SMP, hingga SMA dan pondok pesantren,” jelasnya.

Selanjutnya, ia berharap peserta didik dapat aktif juga di Satuan Komunitas (Sako) Sekawan Persada Nusantara (SPN). “Sehingga menjadi pramuka dengan wawasan kebangsaan dan keagamaan,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui, SAKO SPN merupakan Pramuka LDII yang secara resmi diakui sebagai bagian keluarga Gerakan Pramuka Nasional. Hal ini tertulis dalam SK Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 204 dan 205 Tahun 2013.

Dalam Rakorwil tersebut, diberikan materi pentingnya pembentukan Forkom UB oleh Ketua Departemen Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat DPP LDII Arie Wibisono. “Forkom UB adalah cara baru menggerakkan UB. Dilatarbelakangi pertumbuhan UB berdasarkan hasil kajian Temu Nasional UB pada 23 Juli 2022 lalu,” pungkasnya.

Adapun teknisnya, ia mengungkapkan untuk memperhatikan kata kunci menggerakkan. “Artinya mengajak, mendorong, dan memfasilitasi supaya betul-betul melangkah, bergerak dan berbuat secara konkret sampai mendapatkan hasil,” ujar Arie.

Selanjutnya, berbicara pembinaan Pramuka melalui SAKO SPN, Ketua Mabi Sako SPN Edwin Sumiroza mengatakan, Sako SPN memiliki peran penting mendukung perwujudan Tri Sukses generasi muda LDII. “Terutama pada area pembinaan akhlakul karimah dan kemandirian,” tutupnya. (SA/LINES)

The post Rakorwil LDII Kaltim Bahas Strategi Pemberdayaan Ekonomi Umat appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/rakorwil-ldii-kaltim-bahas-strategi-pemberdayaan-ekonomi-umat/

built with : https://erahajj.co.id