Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Kapolda Sumbar Gaet LDII Gerakan Kamtibmas dalam Masyarakat

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 16 Februari 2023, 04:09:00

Padang (16/2). Kapolda Sumatera Barat (Sumbar) Irjen Pol Suharyono mengajak pengurus dan warga LDII berperan dalam menyebarkan pesan-pesan Kamtibmas kepada masyarakat. Sehingga dapat membantu kepolisian menciptakan keamananan yang kondusif.

“LDII ini merupakan kumpulan ustadz dan ulama yang memiliki jamaah sehingga bisa kita selipkan pesan kamtibmas kepada masyarakat ketika mereka melakukan dakwah kepada masyarakat ,” kata dia saat menerima audiensi dengan Pengurus DPW LDII Sumbar di ruang kerjanya di Padang, Sumbar, pada Selasa (14/2).

Menurutnya, menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), tidak bisa mengandalkan kepolisian saja, karena jumlah personel kepolisian di Sumbar hanya puluhan ribu, “Sementara warga Sumbar mencapai lima juta orang lebih,” ujarnya.

Karena itu pihaknya terus berkoordinasi dan berkomunikasi dengan seluruh pihak mulai dari LKAAM Sumbar, ormas Islam mulai dari Nahdlatul Ulama , Muhammadiyah, dan kali ini dengan LDII Sumbar. “Kami ingin merangkul seluruh warga Sumbar, agar menjaga situasi dan kondisi keamanan tetap stabil. Dan kami siap bersinergi dan bekerja sama dengan seluruh pihak untuk mewujudkan hal tersebut,” katanya.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah menggelar kegiatan “Jumat Curhat” mulai dari Kapolda, Kapolres dan Kapolsek turun ke masjid-masjid dalam menyampaikan pesan Kamtibmas dan menyerap masukan dari warga. “Pesan ini yang terus kita ulang agar masyarakat terlibat aktif dalam mewujudkan situasi yang aman dan nyaman,” kata dia.

Pada kesempatan itu, Ketua DPW LDII Sumbar Afrizal Yaman juga menyampaikan kerja sama LDII dengan Polda Sumbar, sudah berjalan sejak lama. Salah satunya kegiatan Dai Kamtibmas yang dilakukan pada 2015 dan 2018.

Dalam kegiatan tersebut pihaknya membantu kepolisian untuk menyampaikan dakwah yang menyejukkan, serta mengajak warga terlibat aktif dalam menjaga kondisi lingkungan tempat tinggal mereka agar tetap aman dan nyaman. “Kami tentu siap bekerja sama untuk Pelatihan Dai Kamtibmas jilid III. Kami siap bersinergi dengan Polda Sumbar untuk menciptakan situasi Kamtibmas yang baik,” katanya.

Selain itu pihaknya juga menyampaikan pembinaan generasi muda terus dilakukan secara berkelanjutan, mulai dari usia cabe rawit, praremaja, remaja hingga usia nikah sehingga mampu menghasilkan generasi yang profesional religius. “Kami berupaya membentuk generasi muda yang faqih, alim dan berakhlakul karimah serta memiliki sifat yang jujur, amanah, hemat, mampu bekerja sama yang baik, rukun dan kompak,” ujar Afrizal.

Dalam pertemuan tersebut Kapolda Sumbar Irjen Suharyono didampingi Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Dwi Sulistyawan dan Wadir Intel Polda Sumbar AKBP Alex Prawira. Sementara Ketua DPW LDII Sumbar didampingi Wanhat HM Shodiqin, Wakil Ketua Mario SN, Sekretaris HM Abdillah, Wakil Sekretaris Theda Adisurya dan Wakil Bendahara Bayu Perdana Putra.

The post Kapolda Sumbar Gaet LDII Gerakan Kamtibmas dalam Masyarakat appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/kapolda-sumbar-gaet-ldii-gerakan-kamtibmas-dalam-masyarakat/

built with : https://erahajj.co.id