Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Mengingat Mati

Kategori : LDII News, Nasehat, Ditulis pada : 10 Februari 2023, 11:31:23

Oleh: Faizunal A. Abdillah, Pemerhati sosial dan lingkungan – Warga LDII tinggal di Serpong, Tangerang Selatan.

Bukan tanpa alasan, mengapa dalam beberapa kesempatan Rasulullah ﷺ mengatakan dengan pasti akan hal ini. Bahkan terlihat konsisten, walau dengan redaksi yang berbeda, situasi yang berbeda dan pendengar yang berbeda pula. Karena tahu bahwa ini adalah keniscayaan, yang akan dilalui oleh setiap insan. Semua menuju ke sana, suka tak suka. Ia akan datang pada waktunya, tanpa bisa ditolak sedikitpun. Bagi mereka yang merasa punya kekuasaan, tetap tunduk. Bagi yang punya kekayaan tetap menyerah. Bagi yang punya kesehatan juga pasrah. Bahkan orang yang dekat dengan Yang Maha Kuasa pun, sekelas Nabi, orang –orang suci pun takluk. Tak berdaya di hadapannya.

Diriwayatkan bahwa malaikat maut datang menemui Nabi Ibrahim AS. Lantas, rasul berjulukan Khalilullah itu berkata kepadanya, “Pernahkah engkau melihat seorang sahabat yang bersedia mencabut nyawa sahabatnya sendiri?”Mendengar itu, sang malaikat kemudian kembali ke hadirat Allah. Zat Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang itu berfirman, “Sampaikan kepada Ibrahim, apakah kamu pernah melihat seseorang yang tidak gembira bertemu dengan sahabatnya?” Malaikat pun turun lagi kepada Ibrahim dan menyampaikan firman-Nya itu. Maka ayahanda Ismail dan Ishaq AS itu berkata, “Jika demikian, cabutlah nyawaku sekarang juga.”

Demikian juga dengan Nabi Musa Alaihis Salam, sebagaimana dikisahkan dalam riwayat Muslim dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

جَاءَ مَلَكُ الْمَوْتِ إِلَى مُوسَى عَلَيْهِ السَّلَامُ. فَقَالَ لَهُ: أَجِبْ رَبَّكَ قَالَ فَلَطَمَ مُوسَى عَلَيْهِ السَّلَامُ عَيْنَ مَلَكِ الْمَوْتِ فَفَقَأَهَا، قَالَ فَرَجَعَ الْمَلَكُ إِلَى اللهِ تَعَالَى فَقَالَ: إِنَّكَ أَرْسَلْتَنِي إِلَى عَبْدٍ لَكَ لَا يُرِيدُ الْمَوْتَ، وَقَدْ فَقَأَ عَيْنِي، قَالَ فَرَدَّ اللهُ إِلَيْهِ عَيْنَهُ وَقَالَ: ارْجِعْ إِلَى عَبْدِي فَقُلْ: الْحَيَاةَ تُرِيدُ؟ فَإِنْ كُنْتَ تُرِيدُ الْحَيَاةَ فَضَعْ يَدَكَ عَلَى مَتْنِ ثَوْرٍ، فَمَا تَوَارَتْ يَدُكَ مِنْ شَعْرَةٍ، فَإِنَّكَ تَعِيشُ بِهَا سَنَةً، قَالَ: ثُمَّ مَهْ؟ قَالَ: ثُمَّ تَمُوتُ، قَالَ: فَالْآنَ مِنْ قَرِيبٍ، رَبِّ أَمِتْنِي مِنَ الْأَرْضِ الْمُقَدَّسَةِ، رَمْيَةً بِحَجَرٍ، قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: وَاللهِ لَوْ أَنِّي عِنْدَهُ لَأَرَيْتُكُمْ قَبْرَهُ إِلَى جَانِبِ الطَّرِيقِ، عِنْدَ الْكَثِيبِ الْأَحْمَرِ

“Malaikat maut datang kepada Nabi Musa ‘alaihissalam dan berkata, “Penuhilah panggilan Tuhanmu!” Namun spontan Musa menampar mata malaikat hingga bola matanya terpecah. Akhirnya, malaikat maut kembali kepada Allah dan menyampaikan, “Sesungguhnya Engkau telah mengutusku menemui hamba yang tidak menginginkan kematian. Akibatnya, mataku terpecah.” Kemudian, Allah segera mengembalikan penglihatannya dan berfirman, “Kembalilah kepada hamba-Ku dan sampaikan padanya, apakah engkau terus menginginkan kehidupan? Jika engkau masih menginginkannya, letakkanlah tanganmu pada punggung sapi jantan. Satu bulu yang tertutupi tanganmu, maka engkau akan hidup satu tahun.” Musa bertanya, “Lalu apa setelah itu?” Allah menjawab, “Tetaplah engkau akan meninggal.” Musa berkata lagi, “Wahai Tuhanku, sekarang kupilih kematian itu dalam waktu dekat.” Kemudian Nabi Musa menyampaikan keinginannya, “Matikanlah aku dekat Tanah Suci (Baitul Maqdis) sedekat lemparan batu.” Terakhir, Rasulullah ﷺ menambahkan, “Demi Allah, andai aku berada di sisinya, niscaya akan aku perlihatkan kepada kalian kuburannya berada di pinggir jalan, tepatnya pada gundukan pasir.”

Maka, dialog-dialog selanjutnya menjadi sumber pencerah, bahwa ada hal serius yang perlu dipersiapkan oleh setiap insan. Yaitu persiapan menghadapi alam selanjutnya, di mana pintunya tak lain adalah kematian. Proses yang banyak orang tidak sukai. Bahkan sebagian orang penuh ketakutan mendalam. Kalau bisa menolak kedatangannya.

عَنِ ابْنِ عُمَرَ أَنَّهُ قَالَ : كُنْتُ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فَجَاءَهُ رَجُلٌ مِنَ الأَنْصَارِ فَسَلَّمَ عَلَى النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- ثُمَّ قَالَ : يَا رَسُولَ اللَّهِ أَىُّ الْمُؤْمِنِينَ أَفْضَلُ قَالَ : « أَحْسَنُهُمْ خُلُقًا ». قَالَ فَأَىُّ الْمُؤْمِنِينَ أَكْيَسُ قَالَ : « أَكْثَرُهُمْ لِلْمَوْتِ ذِكْرًا وَأَحْسَنُهُمْ لِمَا بَعْدَهُ اسْتِعْدَادًا أُولَئِكَ الأَكْيَاسُ »

Dari Ibnu ‘Umar, ia berkata, “Aku pernah bersama Rasulullah ﷺ, lalu seorang Anshor mendatangi beliau, ia memberi salam dan bertanya, “Wahai Rasulullah, mukmin manakah yang paling baik?” Beliau ﷺ bersabda, “Yang paling baik akhlaknya.” “Lalu mukmin manakah yang paling cerdas?”, ia kembali bertanya. Beliau ﷺ bersabda, “Yang paling banyak mengingat kematian dan yang paling baik dalam mempersiapkan diri untuk alam berikutnya, itulah mereka yang paling cerdas.” (HR. Ibnu Majah)

عَنْ شَدَّادِ بْنِ أَوْسٍ، عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ ‏”‏ الْكَيِّسُ مَنْ دَانَ نَفْسَهُ وَعَمِلَ لِمَا بَعْدَ الْمَوْتِ وَالْعَاجِزُ مَنْ أَتْبَعَ نَفْسَهُ هَوَاهَا وَتَمَنَّى عَلَى اللَّهِ ‏”

Dari Syaddad ibnu Aus r.a. dari Nabi ﷺ beliau bersabda; “Orang yang cerdas ialah orang yang mampu mengintrospeksi dirinya dan suka beramal untuk kehidupannya setelah mati. Sedangkan orang lemah ialah orang yang selalu mengikuti hawa nafsunya dan berharap kepada Allah dengan harapan kosong.” (HR. At-Tirmidzi)

Secara tak sengaja dalam pencarian pemahaman dan pendalaman sabda indah di atas, kami dipertemukan dengan cerita sebuah negeri kecil di atas langit yang bernama Bhutan. Disebut negeri di atas langit karena letaknya di Pegunungan Himalaya, gunung tertinggi di dunia. Terus apa hubungannya Bhutan dengan riwayat-riwayat di atas? Begini ceritanya, Bhutan adalah negeri kecil yang terkenal karena kebijakan Kebahagiaan Nasionalnya yang inovatif. Kalau negara lain pada umumnya mengukur kemajuan ekonominya dengan GDP (Gross Domestic Product), di Bhutan dengan GNH (Gross National Happiness). Di kerajaan inilah, satu-satunya tempat di muka bumi di mana kebahagiaan berkuasa dan kesedihan dilarang masuk.

Satu hal yang membedakan dari kebanyakan manusia lainnya ialah, bahwa di Bhutan para penduduknya membiasakan mengingat mati dalam sehari minimal 5 kali. Ini adalah budaya, bukan ritual agama atau sembahyang. Sebab sebagian besar penduduknya beragama Budha. Linda Leaming, penulis buku : A Field Guide to Happiness: What I Learned in Bhutan About Living, Loving and Waking Up (Panduan Lapangan untuk Mencapai Kebahagiaan: Apa yang Saya Pelajari di Bhutan tentang Kehidupan, Cinta dan Bangun)¸ mengatakan; “Saya menyadari memikirkan tentang kematian tidak membuat saya depresi. Hal ini malah membuat saya dapat memanfaatkan kesempatan yang ada dan melihat hal-hal yang biasanya tidak saya lihat.” Di bagian lain ia tuliskan; “Di negara-negara Barat, jika kita sedih, kita ingin mengobatinya,” katanya. “Kita takut akan rasa sedih. Jika sedih, harus diatasi, diobati. Di Bhutan, orang lebih menerima bahwa itu bagian dari hidup.”

Bukannya takut, justru dengan mengingat mati, ujungnya adalah sikap penerimaan (ikhlas). Kehidupan ini tidak saja berisi hal-hal yang menyenangkan, kehidupan juga berisi hal-hal yang menyedihkan. Ada tangis, ada tawa. Kadang dikunjungi kebahagiaan, kadang merasakan penderitaan. Ada kalanya gagal, ada kalanya berhasil. Dan sampai pada waktunya, semua berujung pada kematian. Dan itu bisa terjadi kapan pun, dimana pun dan pada siapa pun. Karena tidak bisa dihindari itulah, maka kewajiban kita untuk bisa menerimanya. Dalam bahasa sederhana Rasulullah ﷺ mengajarkan dengan sabdanya;

أكثروا ذكر هَاذِمِ اللَّذَّاتِ فإنه ما ذكره أحد فى ضيق من العيش إلا وسعه عليه ولا فى سعة إلا ضيقه عليه

“Perbanyaklah mengingat pemutus kelezatan (yaitu kematian) karena jika seseorang mengingatnya saat kehidupannya sempit, maka ia akan merasa lapang dan jika seseorang mengingatnya saat kehidupannya lapang, maka ia tidak akan tertipu dengan dunia (sehingga lalai akan akhirat).” (HR. Ibnu Hibban dan Al-Baihaqi)

Dalam studi tahun 2007, psikolog dari Universitas Kentucky, Nathan DeWall dan Roy Baumesiter, membagi beberapa puluh murid mereka ke dalam dua kelompok. Satu kelompok disuruh memikirkan bagaimana mengalami rasa sakit ketika pergi ke dokter gigi, sementara kelompok lainnya diinstruksikan untuk berkontemplasi mengenai kematian mereka. Kedua kelompok kemudian diminta melengkapi kata-kata, seperti “jo_”. Kelompok kedua – yang sudah memikirkan tentang kematian – lebih mungkin membuat kata yang positif, misalnya “jo_” menjadi “joy” (bahagia). Hal ini membuat kedua peneliti menyimpulkan bahwa “kematian merupakan fakta yang mengancam secara psikologis, tetapi ketika orang merenungkannya, kelihatannya sistem otomatis mulai mencari pikiran-pikiran yang membahagiakan.” Simaklah kata-kata indah ‘Umar bin ‘Abdul ‘Aziz, “Aku tidaklah pernah melihat suatu yang yakin kecuali keyakinan akan kematian. Namun sangat disayangkan, sedikit yang mau mempersiapkan diri menghadapinya.” (Tafsir Al-Qurthubi)

Serangkaian fakta di atas seperti mau memberikan penjelasan yang indah ajaran Rasulullah ﷺ untuk banyak mengingat mati. Bukan kemalasan dan keputusasaan yang akan diperoleh, justru mengingat mati membuat kehidupan semakin bergairah, semakin cerah, bertambah cerdas dan akhirnya berbuah kebahagiaan. Untuk itu, setiap kali berangkat ke tempat peraduan di malam hari, ukurlah sebuah hari tidak saja dari banyaknya buah yang dipetik, tapi juga dari segi banyaknya benih yang ditanam. Maksudnya, uang, barang, pujian, kesenangan mirip dengan buah yang dipetik. Namun menatap orang dengan mata yang penuh kedamaian, sorot penerimaan, ketulusan untuk mendengarkan, ikhlas memaafkan adalah sebagian benih yang ditanam di hari itu. Persoalan waktu, ia akan berbuah di masa depan. Bangunlah di pagi hari dengan hati yang penuh rasa syukur, lakukan sesuatu yang indah untuk orang-orang yang Anda kasihi. Selebihnya, dekap semuanya dengan senyuman penuh keikhlasan.

The post Mengingat Mati appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/mengingat-mati/

built with : https://erahajj.co.id