Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Senkom Mitra Polri Magelang Kawal Pencanangan Kampung Pancasila

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 11 Januari 2023, 07:27:39

Magelang (11/1). Senkom Mitra Polri Kabupaten Magelang mengawal kegiatan Pencanangan Kampung Pancasila. Acara tersebut dilaksanakan di halaman Pondok Pesantren Sabilul Muttaqin, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, pada Kamis, (29/12).

Dalam sambutannya, Camat Sawangan Yusuf Ari Wibowo berharap dengan dibentuknya Kampung Pancasila menjadi wadah, untuk bisa melaksanakan kegiatan-kegiatan positif dan kreatif, “Harapannya secara psikologis masyarakat lebih mampu mengendalikan diri dan melestarikan serta menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada anak-anak kita,” kata Yusuf.

Kampung Pancasila secara simbolis dicanangkan oleh Bupati Magelang Zaenal Arifin saat peringatan Hari Lahir Pancasila. Melalui surat Sekretaris Daerah pada April 2022 lalu secara serempak di seluruh wilayah Kabupaten Magelang mulai dibentuk kampung-kampung Pancasila.

Selain itu, Kampung Pancasila merupakan julukan untuk desa yang dijadikan sebagai implementasi dari nilai-nilai Pancasila dan sebagai contoh dalam penerapan nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat.

“Untuk mengisi Kampung Pancasila ini tidak hanya dicanangkan tapi dilakukan kegiatan-kegiatan nyata, yang nanti secara tidak langsung akan membuat masyarakat tidak lupa pada sumber-sumber Pancasila dan mengamalkannya,” tambahnya.

Warga Kabupaten Magelang antusias menyambut kegiatan pencanangan Kampung Pancasila itu. Hal itu tampak dari warga yang saling bahu-membahu dan guyup rukun turut serta menyukseskan pagelaran acara.

Untuk memeriahkan acara tersebut, selain kirab budaya dan kirab gunungan hasil panen warga, juga dipentaskan beberapa kreativitas generasi muda Tirtosari. Mereka berasal dari beberapa lembaga pendidikan yang ada di Desa Tirtosari, di antaranya PAUD Tirtosari, MIM Tirtosari, SD Negeri Tirtosari, dan Persinas ASAD Pondok Pesantren Sabilul Muttaqin.

Sementara itu, Koordinator Lapangan Senkom Mitra Polri Kabupaten Magelang, Agus Susilo mengatakan bahwa pengamanan itu sebagai pelaksanaan program karya bakti Senkom Mitra Polri kepada masyarakat yang membutuhkan, “Sebisa mungkin Senkom ikut berkontribusi positif kepada masyarakat dan pemerintah, sebagai wujud bela negara,” pungkasnya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Camat Sawangan Yusuf Ari Wibowo, Kapolsek Sawangan AKP Tugimin, Danramil Sawangan Mayor Arh. Suhadi, Kepala Desa Tirtosari Nuryadi, Kepala Dusun se-Desa Tirtosari, Ketua DPD LDII Kabupaten Magelang KH. Modrik Santoso, serta tokoh masyakarat dari Desa Tirtosari. (*mahendra)

The post Senkom Mitra Polri Magelang Kawal Pencanangan Kampung Pancasila appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/senkom-mitra-polri-magelang-kawal-pencanangan-kampung-pancasila/

built with : https://erahajj.co.id