Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Undang Pakar Pendidikan, LDII Kotim Helat Bimtek Pembinaan Generasi Penerus

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 30 Desember 2022, 03:48:13

Sampit (30/12). Dalam dunia pendidikan, kurikulum merupakan hal prinsip yang memilik peran besar. Dengan kurikulum, target keberhasilan pembelajaran bagi peserta didik akan terarah dan tepat sasaran. Hal tersebut menjadi perhatian DPD LDII Kotawaringin Timur (Kotim).

DPD LDII Kotim menyadari kurikulum dapat berubah dari waktu ke waktu seiring dengan perkembangan zaman, tantangan dan tujuan yang hendak dicapai. Hal itu melatarbelakangi mereka menyelenggarakan “Bimbingan Teknis Garis-garis besar Target Pembinaan Generasi Penerus” di Aula Lantai 2 Kantor Sekretariat LDII Kotim, Kalimantan Tengah, pada Selasa (27/12/2022).

Kegiatan itu diikuti 35 orang tenaga pengajar dan para muballigh dari PAC LDII se-Kotawaringin Timur. Pemateri adalah pakar pendidik, Djoko Purwanto, Dwi Supriyanto, Ajeng Dwi Arnika, dan Oktaviana Restu Utami.

Ketua DPD LDII Kotim Dasuki mengatakan, maksud dan tujuan diadakan Bimtek tersebut agar target pembinaan generasi penerus Tri Sukses yakni alim-faqih, berakhlaqul karimah dan mandiri bisa tercapai. “Adapun tujuan jangka pendeknya adalah menjadi bahan evaluasi bagi para pengajar dalam setiap bulan terkait dengan laporan dari tenaga pendidik,” ucap Dasuki.

Dasuki berharap, para peserta Bimtek bisa mengikuti dengan serius dan bisa menerapkan ilmu yang didapatnya. Untuk selanjutnya diaplikasikan dalam pengajaran di tingkat PC dan PAC LDII se-Kotawaringin Timur.

Kurikulum Sebagai Kunci Sukses Pembelajaran

Pada awal pemaparan, Djoko Purwanto menuturkan, kurikulum diciptakan untuk dihadapkan pada suatu arena yang harus ditempuh oleh seseorang (peserta didik) untuk berpacu dalam mencapai tujuan tertentu. Menurutnya, guru mempunyai kewajiban mendampingi peserta didik untuk mewujudkan harapan dalam meraih tujuan tersebut.

“Pasti di tengah-tengah perjalanan, guru akan menghadapi karakteristik siswa yang beragam dalam menerima pendampingan. Dan guru harus mempersiapkannya dengan baik. Yaitu dengan bekal metode sesuai keadaan peserta didiknya,” kata Djoko.

Djoko menambahkan, ketercapaian tujuan peserta didik itulah yang akan mengubah tingkah lakunya dari tidak paham menjadi paham. Kemajuan peserta didik tercatat dengan baik melalui jurnal guru. Penilaian formatif saat proses pemebelajaran (pendampingan) dan penilaian sumatif dilaksanakan saat akhir pembelajaran.

DPD LDII Kotim menyadari kurikulum dapat berubah dari waktu ke waktu seiring dengan perkembangan zaman, tantangan dan tujuan yang hendak dicapai. Foto: LINES.

Dalam proses pendampingan, lanjut Djoko, guru harus menjadi contoh yang baik, “Berpakaian yang baik, bertutur kata yang lembut, pembelajaran yang menyenangkan, sabar menghadapi keadaan peserta didik, punya multi metode pembelajaran dan selalu belajar menambah ilmu strategi pembelajaran,” kata guru yang memiliki segudang prestasi dan dikenal baik di kalangan pendidik di Kotim.

“Ingat guru adalah pejuang ilmu, yang bisa memberi dampak baik kepada peserta didik. Dengan motto peserta didik menjadi semakin faqih, akhlak mulia, terwujud pada peserta didik, dan kemandirian benar-benar menjadi aktivitas peserta didik untuk menyongsong masa depan yang lebih baik,” pungkasnya.

Senada dengan Djoko, Guru SMK 2 Sampit Dwi Supriyanto lebih rinci memaparkan seputar kurikulum. Prof S. Nasution dari Universitas Islam Sultan Syarif Kasim Riau dalam bukunya yang berjudul “Kurikulum dan Pengajaran”. Dalam buku itu, lanjutnya, menyebut, kurikulum adalah serangkaian penyusunan rencana untuk melancarkan proses belajar mengajar. Adapun rencana yang disusun tersebut berada di bawah tanggung jawab lembaga pendidikan dan parah pengajar di sana.

“Kami dari penggerak pembina generus (PPG) memandang kurikulum perihal sangat urgent. Memberikan arah jelas bagi pengajar. Dalam hal ini para mubaligh dalam menyampaikan dakwah agama kepada generasi penerus, dari usia dini hingga usia pra nikah,” ucap Dwi Supriyanto.

UU tentang Sistem Pendidikan Nasional No 20 tahun 2003 pasal 1 butir 19 menyebutkan, kurikulum merupakan seperangkat pengaturan dan rencana mengenai tujuan, isi, dan materi pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman kegiatan pembelajaran guna mencapai tujuan pendidikan.

Dalam kesempatan yang sama, Ajeng Dwi Arnika mengatakan, pendidikan dimaknai sebagai usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif. Mereka dapat mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

“Konsep pendidikan kepada siswa, terutama usia dini hingga pra remaja sedapat mungkin harus fleksibel dan bisa menghadirkan suasana menyenangkan. Dari sini akan ter-connect antara pengjajar dan mereka peserta didik,” tambah Ajeng.

Sementara, Octaviana mengatakan bahwa keberhasilan pembinaan generasi penerus diharapkan dapat melahirkan sosok generari unggul, yaitu mereka yang memiliki Tri Sukses, berkarakter Enam Tabiat Luhur (jujur, amanah, mujhid-muzhid, rukun, kompak dan kerjasama yang baik), memahami dan mengamalkan Empat Tali Keimanan (bersyukur, mengagungkan. mempersungguh dan berdoa) serta berhasil bekerja dengan menerapkan prinsip kerja bener, kurup, janji.

“Sosok generasi unggul ini merupakan SDM profesional religius, yaitu SDM yang sisi kehidupan agamanya dan sisi kehidupan dunia profesinya atau pekerjaannya berjalan baik dan seimbang,” ucapnya.

Kegaiatan itu tidak hanya diisi teori semata, pada sesi malam, peserta bimtek juga diberikan kesempatan mempraktekkan materi-materi yang diberikan. Simulasi kegiatan belajar mengajar di ruang kelas sesuai jenjang siswa didik masing-masing. (*PS)

The post Undang Pakar Pendidikan, LDII Kotim Helat Bimtek Pembinaan Generasi Penerus appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/undang-pakar-pendidikan-ldii-kotim-helat-bimtek-pembinaan-generasi-penerus/

built with : https://erahajj.co.id