Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Peringati Hari Ibu, LDII Bangkalan Helat Seminar Ketahanan Keluarga

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 26 Desember 2022, 02:38:01

Bangkalan (26/12). Keluarga merupakan elemen penting dalam pembentukan karakter generasi muda. Untuk meningkatkan peran penting keluarga, DPD LDII Kabupaten Bangkalan menghelat seminar bertajuk “Mewujudkan Ketahanan Keluarga Menuju Indonesia Tangguh” di Masjid Sabilul Muttaqin, Bangkalan, pada Minggu (18/12). Acara tersebut menghadirkan dua narasumber, yaitu Hj Lilik Indarti dan Sri Endah Andajani, diikuti peserta ibu-ibu dari warga LDII Kabupaten Bangkalan dan masyarakat umum.

Lilik Indarti mengungkapkan, banyak keluarga yang rentan akan berbagai permasalahan. “Maka, diperlukan generasi profesional religius yang lahir dari keluarga yang tangguh dan berkarakter,” ujarnya.

Ia menambahkan, pembinaan karakter akan optimal jika dilakukan sejak usia dini melalui pembiasaan yang baik. “Karakter itu dimulai dari perilaku. Jika menginginkan anak berperilaku positif, maka bimbing dia untuk berperilaku positif,” jelasnya.

Lilik menambahkan, untuk membentuk anak yang berkarakter, peran keluarga sangatlah penting. Setidaknya ada delapan fungsi utama keluarga yang harus dijalankan. “Yakni fungsi keagamaan, fungsi reproduksi, fungsi sosial budaya, fungsi sosialisasi dan pendidikan, fungsi cinta kasih, fungsi ekonomi, dan fungsi perlindungan serta fungsi pembinaan lingkungan,” pungkasnya.

Senada, Sri Endah Andajani mengatakan, seorang wanita bisa menjadi benteng keutuhan keluarga. Menurutnya, wanita memiliki peran sentral dalam keluarga. “Dalam keluarga yang merupakan gerbang utama pendidikan, mengharuskan wanita mengambil peran utama dalam pendidikan anak. Juga dalam menjaga keutuhan keluarga. Wanita merupakan garda terdepan keluarga,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia menambahkan keluarga diibaratkan sebagai unit terkecil dalam sistem sosial. “Penting di dalam suatu keluarga, berjalan dengan baik komunikasi dan interaksi yang positif. Demi mewujudkan iklim keluarga yang kondusif,” tutupnya.

The post Peringati Hari Ibu, LDII Bangkalan Helat Seminar Ketahanan Keluarga appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/peringati-hari-ibu-ldii-bangkalan-helat-seminar-ketahanan-keluarga/

built with : https://erahajj.co.id