Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Ponpes LDII Arroyan Pangkalpinang Sinergi dengan Wali Kota Peringati Hari Santri

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 26 Oktober 2022, 14:06:45

Pangkalpinang (26/10). Wali Kota Pangkalpinang Maulana Aklil bertindak sebagai Pembina Upacara peringatan Hari Santri Nasional 2022 menjelaskan tema Hari Santri “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan”. Menurutnya, tema tersebut berkaitan dengan peran aktif santri dalam setiap fase perjalanan kemerdekaan Indonesia mulai dari zaman penjajahan, kemerdekaan, hingga sekarang.

Hal tersebut diungkapkan di depan puluhan santri Pondok Pesantren (Ponpes) Arroyan Pangkalpinang, yang berada di bawah naungan DPW LDII Bangka Belitung saat upacara peringatan Hari Santri di halaman kantor Wali Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, pada Sabtu (22/10).

Molen panggilan Maulana menyampaikan Hari Santri adalah milik semua, yaitu milik komponen bangsa yang mencintai tanah air, atau mereka yang memiliki keteguhan dalam menjunjung nilai-nilai kebangsaan.

“Ketika Indonesia memanggil, santri tidak pernah mengatakan tidak. Santri dengan berbagai latar belakang nya siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara,” ujar Molen.

Ia juga mengajak semua masyarakat Indonesia bagaimanapun latar belakangnya supaya berpartisipasi merayakan Hari Santri bisa dengan cara napak tilas perjuangan santri atau menjaga martabat kemanusiaan untuk Indonesia.

“Melalui momen upacara peringatan hari santri tahun 2022 ini, mari kita bersama-sama mendoakan para pahlawan terutama dari kalangan Ulama, Kiayi, dan Santri yang telah syahid di medan perang demi kemaslahatan bangsa dan agama. Semoga arwah para pahlawan bangsa ditempatkan yang terbaik di sisi Allah,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Ponpes Arroyan Yusri, mengatakan, memperingati Hari Santri menjadi momentum yang tepat bagi Ponpes untuk terus meningkatkan kualitas. Dengan demikian lulusan yang dihasilkan tidak hanya menguasai bidang keagamaan saja, tapi juga memiliki kemandirian dan keterampilan di berbagai bidang.

“Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2022 ini, Ponpes Arroyyan ikut berpartisipasi dalam rangka menyiapkan generasi unggul yang profesional dan relegius untuk menghadapi bonus demografi, karena jangan sampai generasi kita jadi beban demografi di masa depan,” ujar Yusri.

Ia juga menjelaskan dalam menghadapi Indonesia Emas 2045 melalui pendidikan di Pondok Pesantren harus mempersiapkan Sumberdaya Manusia (SDM) atau Generasi Penerus Bangsa yang alim, faqih, berakhlakul karimah, dan mandiri.

“Jangan sampai ada stigma bahwa santri hanya khusus mendalami ilmu agama saja. Santri dengan segala kemampuan bisa menjadi apa saja. Santri juga berperan aktif dalam berbagai bidang seperti kemanusiaan, ilmu pengetahuan, sosial, ekonomi dan agama,” ucap Yusri.

Seirama dengan Yusri, Ketua DPW LDII Babel Ari Sriyanto, mengatakan, Hari Santri menjadi momentum Generasi Muda LDII untuk berjuang mengisi kemerdekaan di berbagai bidang. “Dengan bekal paham ilmu agama, akhlakul karimah, dan mandiri bisa menjadikan nilai plus bagi santri untuk merambah ke berbagai bidang profesi,” imbuhnya.

Dalam memperingati Hari Santri, Ponpes Arroyan tidak hanya menghelat upacara namun juga pentas seni. Para Santri menunjukan bela diri Persinas Asad.

Dalam kesempatan tersebut, Ponpes Arroyan Pangkalpinang juga menerima penghargaan dari Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang sebagai Lembaga Pondok Pesantren Terbaik dalam Pengisian Data EMIS_Pondok Pesantren Tahun 2022.

The post Ponpes LDII Arroyan Pangkalpinang Sinergi dengan Wali Kota Peringati Hari Santri appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/ponpes-ldii-arroyan-pangkalpinang-sinergi-dengan-wali-kota-peringati-hari-santri/

built with : https://erahajj.co.id