Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Catatan Ramadhan (16): Wanita Tua Bani Israil

Kategori : LDII News, Nasehat, Ditulis pada : 18 April 2022, 06:37:20

Oleh: Faizunal A. Abdillah, Pemerhati sosial dan lingkungan – Warga LDII tinggal di Serpong, Tangerang Selatan.

Imam Hakim meriwayatkan dalam Mustadrak dari Abu Musa bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mendatangi seorang Badui. Maka beliau bersabda kepadanya, “Wahai Badui, katakan keperluanmu.” Dia menjawab, “Ya Rasulullah, seekor unta betina dengan pelananya dan domba betina yang diperah oleh keluargaku.” Ini diucapkannya dua kali.

Rasulullah berkata kepadanya, “Mengapa kamu tidak seperti nenek tua Bani Israil?” Para sahabat bertanya, “Ya Rasulullah, siapa nenek tua Bani Israil itu?”

Rasulullah pun menjawab, “Sesungguhnya Musa hendak berjalan membawa Bani Israil, tetapi dia tersesat di jalan. Maka para ulama Bani Israil berkata kepadanya, ‘Kami katakan kepadamu bahwa Yusuf mengambil janji-janji Allah atas kami, agar kami tidak pergi dari Mesir sehingga kami memindahkan jasadnya bersama kami.” Musa bertanya, “Siapa di antara kalian yang mengetahui kuburan Yusuf?”

Mereka menjawab, “Yang tahu di mana kuburan Yusuf hanyalah seorang perempuan tua Bani Israil.” Musa memintanya agar dihadirkan. Musa berkata kepadanya, “Tunjukkan padaku di mana kubur Yusuf.” Perempuan itu menjawab, “Aku tidak mau hingga aku menemanimu di Surga.”

Nabi Musa tidak menyukai permintaannya, maka dikatakan kepadanya, “Kabulkan permintaannya.” Musa pun memberikan apa yang diminta. Lalu perempuan itu mendatangi sebuah danau dan berkata, “Kuraslah airnya.” Ketika air telah surut, perempuan itu berkata, “Galilah di sini.” Begitu mereka menggali, mereka menemukan kuburan Yusuf. Begitu jasad Nabi Yusuf diangkat dari tanah, jalanan langsung terlihat nyata seperti cahaya pada siang hari.” (HR Hakim dalam Mustadrak (2/624), No. 4088.

Bulan Ramadhan kali ini adalah kesempatan emas untuk berbuat lebih dan berbuat yang terbaik. Barangkali tahun depan belum tentu bisa berjumpa lagi.

The post Catatan Ramadhan (16): Wanita Tua Bani Israil appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/catatan-ramadhan-16-wanita-tua-bani-israil/

built with : https://erahajj.co.id