Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Sakocab SPN Jakarta Utara Berpartisipasi Aktif dalam Bulan Bakti Pramuka

Kategori : LDII News, Berita Daerah, Ditulis pada : 12 Agustus 2021, 08:14:31

Jakarta (11/08). Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka mengeluarkan surat edaran soal Bulan Bakti Pramuka sekaligus Peringatan Hari Pramuka ke-60. Sakoda SPN Jakarta Utara turut berpartisipasi di dalamnya dengan mengajak 50an kakak penggalang dan penegak.

Sakocab SPN Jakarta Utara mengawali dengan apel pagi di Ponpes Syarif Hidayatullah, Plumpang. Ketua Majelis Pembimbing sekaligus Dewan Penasehat DPD LDII Jakarta Utara H. Tri Gunawan Hadi memberikan pengarahan kepada kelompok Penggalang dan Penegak. Gerakan Pramuka Sako SPN memiliki tugas pokok yang harus dikerjakan meski dalam keadaan pandemi.

“Dalam situasi pandemi yang serba terbatas ini, kita bisa melaksanakan amal saleh, berbuat dan berkarya untuk bangsa, melaksanakan kegiatan ibadah, dan membantu umat. Semoga menjadi jariyah dan kakak-kakak bisa mengembangkan kepanduan serta jati diri sebagai anak Pramuka,” ujarnya.

Karakter Pramuka dikenal mempunyai jiwa semangat, riang gembira, pantang menyerah, bekerja keras, dan penuh semangat. H Tri Gunawan Hadi ingin mereka bisa mengembangkan kegiatan Pramuka di kalangan generasi muda.

Seperti partisipasi Bulan Bakti Pramuka yang dilakukan Sakocab SPN Jakarta Utara, Mabi Sakocab SPN Jakarta Utara H Kirnoto menjelaskan lebih lanjut. Pertama kegiatan bersih-bersih masjid sekaligus penyemprotan desinfektan untuk memutus rantai penyebaran virus Covid-19.

Kedua, pembersihan sampah memisahkan sampah organik dan non organik untuk kebersihan bersama. “Pembersihan sampah plastik, serta pencetusan komitmen Gerakan Pramuka untuk mengurangi sampah plastik sesuai arahan kwarnas,” ujarnya.

Terakhir, kegiatan mengumpulkan barang-barang bekas, bekerja sama dengan seluruh keluarga besar Sakocab SPN Jakarta Utara. Untuk yang satu ini, penggalang dan penegak dikoordinasikan langsung oleh Kak Untung sebagai Ketua Gugus Depan (Gudep) Syarif Hidayatullah.

Mereka mendatangi beberapa majelis taklim dan rumah warga untuk mengambil barang-barang bekas yang tidak terpakai. Warga merasa terbantu karena keberadaan barang bekas tak terpakai bisa menjadi sarang penyakit dan mengurangi estetika. Barang tersebut kemudian dikumpulkan untuk didaur ulang serta dijual. (khoir/LINES)

The post Sakocab SPN Jakarta Utara Berpartisipasi Aktif dalam Bulan Bakti Pramuka appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/sakocab-spn-jakarta-utara-berpartisipasi-aktif-dalam-bulan-bakti-pramuka/

built with : https://erahajj.co.id