Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Sakoda DKI: Ciptakan Kader Pramuka Religius Melalui Pesta Besar Siaga

Kategori : Nuansa Online, Nasional, Ditulis pada : 15 April 2021, 15:11:04

Jakarta – Pandemi Covid 19 tidak menurunkan kreatifitas dan keaktifan kegiatan kepramukaan Sako SPN. Salah satunya Sako SPN cabang Jakata Timur bekerjasama dengan Sakoda DKI Jakarta mengadakan kegiatan khusus untuk tingkat siaga pada minggu (27/3) yang lalu secara daring melalui zoom meeting.

Kegiatan dikemas dalam bentuk perlombaan atau biasa disebut Pesta Besar. Pesta Besar Siaga adalah ajang bagi anggota Pramuka Siaga untuk menguji potensi dan kreatifitas dalam diri. Kegiatan ini juga memberikan pembelajaran tentang tanggung jawab dan kemandirian setiap anggota pramuka. Siaga dilatih untuk lebih bertanggung jawab dengan tugas yang sudah ditanggung jawabkan kepada mereka. Kemudian dievaluasi bersama dan diberikan penghargaan.

Kegiatan dibuka oleh Isnan Lasti Mulyo selaku Ketua Sakoda DKI Jakarta dari studio Cipayung Jakarta Timur dan diikuti oleh 766 anggota Pramuka Siaga. Kegiatan berjalan dengan lancar dan meriah yang diisi dengan lomba-lomba yang tentunya tetap mengarah ke keagamaan yang memang sudah menjadi ciri khasnya Sako SPN yang memiliki tujuan untuk menghasilkan generasi penerus yang religius.

Isnan berharap kegiatan ini dapat mengaktifkan kembali dan memberikan semangat kepada anggota Pramuka Siaga dalam belajar. Karena dengan adanya acara ini mereka akan merasa terdorong untuk lebih semangat lagi dalam berlatih. Kegiatan ini memberikan pembelajaran kepada seluruh anggota Pramuka karena mereka menjadi lebih memahami sistem kegiatan online dan memahami bahwa kegiatan Pramuka dapat dilaksanakan dimanapun, kapanpun, dan dalam keadaan bagaimanapun. Lomba yang dilaksanakan untuk tingkat Siaga ini mengacu pada kemampuan agama salah satunya hafalan Al Qur’an dan praktek sholat.

Tujuan kegiatan ini memotivasi anggota Pramuka khususnya Siaga untuk lebih semangat dan berusaha menjadi yang terbaik. Selain itu, menjadi evaluasi diri sejauh mana kemampuan Pramuka Siaga dalam menguasai materi yang diberikan sebelumnya sehingga dapat diperbaiki dan memunculkan karakter anggota Pramuka yang mandiri juga bertanggung jawab.

Diharapkan dari kegiatan ini Pramuka dapat menjadi wadah untuk menciptakan kader-kader baru dalam menghasilkan generasi penerus yang alim fakih berakhlakul karimah dan mandiri. Selain itu, menjadi contoh untuk kader-kader pramuka yang lain khususnya Sako SPN untuk membuat kegiatan yang sama.

Setelah ini Sakoda DKI pun akan kembali mengadakan kegiatan untuk tingkat penggalang yang akan dilaksanakan di bulan agustus mendatang dengan tujuan sedikit demi sedikit membangkitkan kembali keaktifan Pramuka Sako SPN di tingkat siaga, penggalang dan penegak. (Tamy/Wicak)

Oleh: Tamy (contributor) / Fachrizal Wicaksono (editor)

The post Sakoda DKI: Ciptakan Kader Pramuka Religius Melalui Pesta Besar Siaga appeared first on NuansaOnline.


Sumber berita : https://nuansaonline.net/sakoda-dki-ciptakan-kader-pramuka-religius-melalui-pesta-besar-siaga/

built with : https://erahajj.co.id