Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Tips Menjaga Diri Dari Kemaksiatan

Kategori : LDII News, Tahukah Anda, Ditulis pada : 05 April 2021, 04:39:00

Jakarta (04/04). Saat ini dengan semakin berkembangnya zaman, teknologi komunikasi semakin canggih dan mudah digunakan. Hampir semua manusia diuntungkan dengan adanya kemajuan teknologi dan kemanfaatan yang diperoleh.

Diantaranya kemudahan mengikuti pengajian, belajar, bekerja, berjualan, atau mencari informasi dan lainnya yang dilakukan secara online. Bahkan hanya bermodal _smartphone_ dan internet.

Tetapi dibalik segudang manfaat yang ada, ternyata kecanggihan alat komunikasi tersebut banyak juga disalahgunakan dan mengarah pada kemaksiatan. Contoh, pornografi, chat berlebihan kepada yang bukan mahram-nya, bahkan banyak sampai ada terjadinya perselingkuhan. Naudzubillah min dzalik.

Oleh karena itu, dengan melihat maraknya kemaksiatan, sebagai orang mukmin terutama generasi muda harus bisa menjaga dan membentengi diri agar terhindar dari segala kemaksiatan.

Kita harus selalu ingat bahwa segala bentuk kemaksiatan adalah hal yang buruk, tidak disenangi Allah. Sekecil apapun kemaksiatan yang dilakukan akan ada pembalasannya.

Berikut beberapa tips ikhtiar yang bisa dilakukan untuk mendekatkan diri kepada Allah agar terjaga dari segala kemaksiatan.
– Mengerjakan ibadah wajib dengan tepat waktu.
– Memperbanyak ibadah sunah (puasa, sedekah, berbuat kebajikan, dan lainnya)
– Rutin mengikuti pengajian dan mendengarkan nasehat agama
– Rutin membaca Alquran, dzikir, dan doa doa
– Menjaga pergaulan (memilih pergaulan yang baik) terutama menghindari kemaksiatan.

Sesuai dengan firman Allah: “Sesungguhnya salat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan mungkar. Dan (ketahuilah) mengingat Allah (salat) itu lebih besar (keutamaannya dari ibadah yang lain). Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al Ankabut, 45)

Mengutip hadist riwayat Bukhori, “Dan hamba-Ku terus menerus mendekat diri kepadaku dengan amalan sunah, sehingga aku mencintainya.” Semoga kita semua selalu dalam perlindungan-Nya dan terhindar dari segala kemaksiatan. Aamiin.(linadesti/lines)


Sumber berita : https://ldii.or.id/tips-menjaga-diri-dari-kemaksiatan/

built with : https://erahajj.co.id