Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

LDII Tabanan Resmi Kantongi Surat Tanda Keberadaan Ormas

Kategori : Nuansa Online, Nasional, Ditulis pada : 11 Februari 2021, 07:43:07

  

TABANAN – DPD Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten Tabanan secara resmi menerima surat tanda penerimaan laporan keberadaan ormas dari Badan Kesbangpol Kabupaten Tabanan. Surat diserahkan langsung Kasubid Hubungan Antar Lembaga Badan Kesbangpol Kabupaten Tabanan, Khasan Angsori, S.H seizin Kepala Badan Kesbangpol Drs. I Gusti Ngurah Agung Suryana.

Dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat, penyerahan surat dilaksanakan di Gedung Sekretariat DPD LDII Tabanan di Jalan Tarumanegara, Nomor 28, Banjar Malkangin, Jumat (29/1/2021) pagi pukul 10.30. Surat diterima Ketua DPD LDII Tabanan, Maulana Sandijaya, S.Pd., M.Si.

Dijelaskan Sandi, surat ini melengkapi Surat Keterangan Terdaftar (SKT) DPP LDII di Kementerian Hukum dan HAM, serta surat terdaftar DPW LDII Provinsi Bali.

“Dengan terbitnya surat ini, maka keberadaan kami secara de facto dan de jure di Kabupaten Tabanan sudah sah,” ujar Sandi disela-sela penyerahan surat.  

Ditegaskan, surat ini juga sebagai bukti bahwa LDII tunduk pada peraturan perundang-undangan yang berlaku. Sekalipun LDII sudah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM, namun di tingkat daerah juga memiliki kewajiban melaporkan diri kepada pemerintah daerah. Hal ini merupakan bentuk kerja sama antara ormas dengan pemerintah.

Ke depan sinergitas antara ormas dan pemerintah harus dijaga. Menurut Sandi, dengan terbitnya surat ini juga semakin memotivasi warga LDII untuk memberikan kontribusi positif terhadap masyarakat. Terlebih LDII di Tabanan memiliki sejarah panjang sejak 1987.

“Kami siap melaporkan kegiatan kami setiap enam bulan sekali kepada Badan Kesbangpol Kabupaten Tabanan,” tandasnya.

Sandi juga memaparkan program kerja LDII Tabanan. Salah satu program unggulannya yaitu “LDII Mereresik” atau LDII peduli lingungan bersih. Sementara itu, Khasan menyebut surat tersebut sebagai tanda legislasi sebuah ormas.

“Surat ini sebagai tanda LDII Tabanan sudah tercatat di Badan Kesbangpol Kabupaten Tabanan,” tutur Khasan.

Dijelaskan lebih lanjut, berdasar undang-undang yang berlaku, ormas merupakan mitra pemerintah dalam mempercepat pembangunan daerah. Ormas yang lahir dari masyarakat membawa peran strategis di tengah masyarakat itu sendiri.

“Kami harapkan minimal setahun sekali LDII Tabanan melaporkan kegiatannya kepada pemerintah,” pesannya.

Hadir mendampingi pengurus harian yaitu Wakil Ketua I H. Mariyono, Wakil Ketua II Imam Kambali, Sekretaris H. Deddy Wawan Setiawan, S.P, dan anggota dewan penasihat Slamet Riyadi. (KIM/Wicak) 

Oleh: Sandi Jaya (contributor) / Fachrizal Wicaksono (editor)

The post LDII Tabanan Resmi Kantongi Surat Tanda Keberadaan Ormas appeared first on NuansaOnline.


Sumber berita : https://nuansaonline.net/ldii-tabanan-resmi-kantongi-surat-tanda-keberadaan-ormas/

built with : https://erahajj.co.id