Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

29 September, Masyarakat Diingatkan Pentingnya Jantung Sehat

Kategori : LDII News, Kesehatan, Ditulis pada : 29 September 2020, 06:26:41

Lines (29/01) – Pada 29 September merupakan peringatan Hari Jantung Dunia (World Heart Day) yang bertujuan untuk meningkatkan perhatian kepada seluruh masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan terutama kardiovaskular. Hal ini juga untuk memperingatkan kepada masyarakat bagaimana mencegah penyakit jantung yang mendadak.

Sebelum mengetahui bagaimana pencegahan dan dampak terkait penyakit jantung, maka alangkah lebih baiknya mengenal apa itu jantung yang mana merupakan organ vital yang tidak bisa atau tidak boleh berhenti selama seseorang hidup. 

Jantung memiliki peran yang cukup krusial dalam memompa darah keseluruh tubuh untuk menunjang kelangsungan hidup seseorang. Hal tersebut yang membuat seseorang wajib untuk menjaga kesehatan jantung agar tidak menimbulkan beberapa penyakit.

Ada beberapa langkah sederhana untuk tetap menjaga kesehatan jantung seperti menjalani pola hidup dan makan yang sehat. Banyak orang mengetahui bahwa untuk menjaga jantung agar tetap sehat supaya rutin berolahraga tidak merokok dan menjaga berat badan tetap ideal.

Untuk itu ada beberapa tips untuk menjaga kesehatan jantung agar tetap sehat hingga tua nanti. Ada beberapa pilihan gaya hidup untuk tetap menjaga kesehatan jantung. Berikut tips untuk menjaga kesehatan jantung menurut dr. Kevin Adrian.

1. Jaga Tekanan Darah Agar Tetap Stabil

Memiliki tekanan darah tinggi dapat menyebabkan pembuluh darah pecah. Bila hal ini terus-menerus terjadi pada pembuluh darah seperti jantung dan otak maka akan berakibat mengalami serangan jantung. Beberapa cara agar mencegah tekanan darah tinggi adalah rutin berolahraga mengurangi asupan garam dan membatasi minuman yang beralkohol.

2. Menjaga Kadar Gula yang Tinggi

Banyak orang yang telah mengalami diabetes karena memiliki kadar gula darah yang cukup tinggi. Hal tersebut juga memicu seseorang mengalami resiko penyakit jantung. Perlu diketahui bahwa gula darah yang tinggi dapat membuat pembuluh darah dan saraf yang sejatinya mengendalikan jantung serta pembuluh darah akan mengalami kerusakan.

3. Istirahat yang Cukup

Salah satu untuk menjaga kesehatan jantung ialah berusaha untuk tidur selama 7 hingga 8 jam setiap hari. Bila anda kurang beristirahat hal tersebut dapat meningkatkan risiko untuk mengalami darah tinggi diabetes dan serangan jantung.

4. Berolahraga Secara Rutin 

Bila anda ingin mengurangi resiko penyakit jantung maka supaya melakukan aktivitas olahraga secara rutin. Anda perlu menyempatkan waktu untuk Melakukan olahraga 20 hingga 30 menit setiap hari. Adapun manfaat yang didapatkan adalah memiliki jantung yang sehat. Inilah olahraga yang ringan seperti jalan kaki jogging naik turun tangga hingga berenang.

5. Mengurangi Konsumsi Lemak Jenuh 

Agar tidak meningkatkan kolesterol dalam darah seseorang perlu mengurangi konsumsi lemak jenuh dan lemak kotor di tubuh. Karena hal tersebut memiliki potensi untuk menambah kolesterol sehingga menyumbat pembuluh darah jantung.

Serta harus membatasi konsumsi lemak jenuh. Adapun lemak jenis Ini kebanyakan didapatkan pada daging merah kulit ayam dan makanan yang digoreng.

Menjaga kesehatan jantung dapat dimulai dengan membiasakan memiliki pola hidup yang sehat. Selain mengikuti langkah yang diatas, juga disarankan untuk bisa mengelola stres dan memeriksakan kesehatan secara rutin ke dokter agar kesehatan jantung tetap stabil dan terjaga.(lines/FW)


Sumber berita : https://ldii.or.id/29-september-masyarakat-diingatkan-pentingnya-jantung-sehat/

built with : https://erahajj.co.id