Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

LDII Enrekang Gelar Pengajian di Lapas Rumah Tahanan

Kategori : Nuansa Online, Uncategorized, Ditulis pada : 09 Agustus 2020, 08:30:03

Enrekang (9/8/20) – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten Enrekang bekerjasama dengan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Enrekang mengadakan pengajian akbar, pada Kamis (9/7/2020).

Pengajian dilaksanakan di masjid lembaga pemasyarakatan (Lapas) yang diikuti kurang lebih 200 warga binaan beserta para petugas rutan. Pelaksanaan pengajian akbar tetap memperhatikan protokol kesehatan, yakni mencuci tangan sebelum masuk masjid, menggunakan masker dan menjaga jarak.

Kepala Rutan Enrekang Tubagus M khaidir SH MSi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada DPD LDII Kabupaten Enrekang yang selama ini menjadi mitra rutan. Baik dalam pembinaan rohani para warga binaan maupun dalam kerja-kerja asimilasi dan peningkatan kapasitas SDM.

 

Menurut Tubagus, kerjasama tersebut sangat bermanfaat sehingga penting untuk dilakukan secara berkelanjutan. Ia berharap, adanya pengajian dengan tema keutamaan menyembelih hewan kurban, para peserta dapat memetik hikmahnya sehingga kita semua dapat melaksanakan penyembelihan hewan kurban tahun ini.

Ketua DPD LDII Kabupaten Enrekang Herman Syah SAg mengatakan, ini adalah momentum penting menyambut hari raya umat islam yang juga akan dilaksanakan oleh warga binaan yang ada di lapas.

“Setelah libur selama tiga bulan karena pandemi Covid-19, pengajian di rutan satu bulan ini sudah mulai aktif kembali,” ucapnya.

Bertindak sebagai pemateri dalam pengajian, Ustaz Herman Syah membacakan sejumlah dalil-dalil yang bersumber dari ayat Alquran dan Alhadist Nabi terkait keutamaan menyembelih hewan kurban sebagai manifestasi iman yang kuat.

“Sehingga umat berlomba-lomba menyembelih hewan kurban yang juga merupakan bentuk dari kesalehan sosial yaitu sikap saling berbagi,” Jelasnya.

 

Ustaz Herman Syàh menjelaskan lebih lanjut tentang jenis-jenis hewan yang boleh dan tidak boleh dijadikan hewan kurban, waktu dan tata cara penyembelihan. Serta penjelasan mengenai hari tasyrik yaitu waktu yang dilarang berpuasa tanggal 11 s/d 13 zulhijah. Herman Syah berpesan, dalam pelaksanaan penyembelihan kurban nanti tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Seperti mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak.

Selama proses pengajian warga binaan menerima dengan baik isi pengajian dan turut aktif dengan melontarkan beberapa pertanyaan. Bahkan pada hari itu pula langsung dibentuk panitia kurban yang sebelumnya belum pernah ada. Sebagaimana diketahui, LDII hadir mengisi pengajian di Rutan kelas II B Enrekang telah berlangsung sejak tahun 2017. Selain pengajian akbar, LDII rutin mengisi pengajian satu minggu sekali yakni setiap hari Kamis. Pengisi pengajian adalah para mubaligh mubalighoh muda LDII, dengan materi bacaan Iqro atau tilawati, mengkaji Alquran dari bacaan, makna, dan penjelasannya, serta mengkaji Alhadist.

 

Oleh: Uyun Kusuma (contributor) / Fachrizal Wicaksono (editor)

The post LDII Enrekang Gelar Pengajian di Lapas Rumah Tahanan appeared first on NuansaOnline.


Sumber berita : https://nuansaonline.net/ldii-enrekang-gelar-pengajian-di-lapas-rumah-tahanan/

built with : https://erahajj.co.id