Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Sekretaris LPBI NU Kunjungi Menara Asmaul Husna Ponpes Wali Barokah Kediri

Kategori : LDII News, Headlines, Ditulis pada : 17 Agustus 2022, 10:52:52

Kediri (17/8). Sekretaris LPBI NU Pusat (Lembaga Penanganan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama) Yayah Ruchyati beserta staf mengunjungi Pondok Pesantren (Ponpes) Wali Barokah Kediri, pada Senin (15/8/2022). Rupanya ia penasaran dengan Menara Asmaul Husna yang ikonik sekaligus menjadi salah satu destinasi wisata religi di Kota Kediri.

Yayah yang juga Direktur Program PKMM-CBA (Penguatan Ketangguhan Masyarakat dalam Menghadapi Covid-19 dan Bencana Alam) di LPBI NU itu juga mengatakan, kedatangannya ke Ponpes Wali Barokah adalah yang pertama kali. Meski demikian, Kota Kediri bukan hal asing baginya.

Lurah Burengan Adi Sutrisno yang juga menjabat sebagai Ketua LPBI NU Kota Kediri menjelaskan, Yayah dan tim telah melakukan Geladi Ruang (Table Top Exercise) oleh LPBI NU Kota Kediri selaku pelaksana Program PKMM-CBA, bekerja sama dengan Siap Siaga Palladium yang difasilitasi DFAT (Departemen Luar Negeri dan Perdagangan) Australia.

Dalam kunjungan tersebut, Yayah yang didampingi beberapa pengurus LPBI NU Kota Kediri disambut oleh Wakil Ketua Ponpes Wali Barokah Kediri H. Agus DS bersama beberapa pengurus pondok. Agus DS mengapresiasi kunjungan tersebut karena dengan demikian mengangkat nama menara yang memiliki tinggi 99 meter itu sebagai destinasi wisata religi di Kota Kediri yang layak dikunjungi.

Ia menjelaskan, Menara Asmaul Husna memulai pembangunannya pada tahun 2000, merespon keinginan Wali Kota Kediri saat itu H. A. Maschut agar di Kota Kediri mempunyai ikon yang dapat mengangkat nama Kota Kediri sampai ke tingkat nasional. Atas dasar itulah Ponpes Wali Barokah membangun Menara Asmaul Husna yang awalnya direncanakan setinggi 70 meter.

Melalui proses yang berliku, akhirnya pembangunan menara selesai tahun 2009 dan diresmikan oleh H. Yusuf Kalla, yang kala itu menjabat sebagai Wakil Presiden RI.

Yayah terkesan dengan keberadaan menara itu. Ia dan rombongan mengapresiasi sambutan pengurus pondok karena selain mengunjungi menara, ia dapat bersilaturahim dengan para pengurus dan menjelaskan program kerja timnya.

Rencana tim tersebut selanjutnya adalah penyusunan Struktur Komando Penanganan Darurat Bencana (SKPDB) yang didalamnya terdapat struktur organisasi mulai Lurah Betet, LPMK, RT, RW, Karang Taruna, PKK, Posyandu, Linmas, Toga, Tomas yang terbagi dalam beberapa seksi seperti logistik, sarana-prasarana, dan lainnya.

Struktur tersebut juga melakukan pendalaman SOP dalam menghadapi ancaman kebakaran lahan khususnya di wilayah Kelurahan Betet, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri. (Mzda).

The post Sekretaris LPBI NU Kunjungi Menara Asmaul Husna Ponpes Wali Barokah Kediri appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/sekretaris-lpbi-nu-kunjungi-menara-asmaul-husna-ponpes-wali-barokah-kediri/

built with : https://erahajj.co.id