Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Polda-LDII Maluku Bersinergi Cegah Radikalisme dan Terorisme

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 08 Juni 2022, 11:11:48

Maluku (8/6). Media sosial akhir-akhir ini jadi sarana penyebaran paham radikalisme. Bukan hanya pengguna dewasa, namun kalangan remaja juga menjadi target. Hal ini diungkapkan oleh Abdul Rauf Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme Provinsi Maluku saat berkunjung ke kantor DPW LDII Maluku.

Dalam kesempatan tersebut, Rauf mengingatkan, para pengguna media sosial untuk selektif sebelum meneruskan informasi. Sebab berita bohong kerap disebarkan oleh kelompok radikal seperti doktrin masuk surga bagi pelaku bunuh diri demi agama, “Oleh karena itu, penguatan kapasitas dai pencegahan radikalisme dapat meminimalisir paham radikal,” ujarnya.

Rauf juga mengimbau kepada para masyarakat atau stakeholder, ikut mengawasi penggunaan media sosial terutama kepada keluarga, “Sehingga kami semua bisa mencegah, ataupun melindungi anak dan keluarga dari pengaruh radikalisme maupun terorisme yang ada sekarang ini,” imbuhnya.

Ketua DPW LDII Provinsi Maluku, Jamaludin Wabula mengatakan, para dai di Maluku berperan penting, dalam mencegah paham radikalisme dan intoleran. Melalui para dai, LDII Maluku berharap dapat mencegah penyebaran kepahaman yang dilarang oleh negara.

“Kami telah menginformasikan kepada masyarakat tentang pemahaman radikalisme dan terorisme. Para dai bisa berdakwah tidak hanya mengenai materi ibadah saja, namun juga memberikan materi mengenai bagaimana bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Kami hidup di Indonesia, dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, LDII terus menjaga ukhuwah Islamihyah dan kedamaian. Kami telah mengimbau kepada warga LDII untuk bersikap toleransi dalam bernegara,” lanjutnya.

Sementara itu, penyebaran tindakan radikalisme di media sosial terus diawasi oleh pihak kepolisian. Kepala Bagian Binmas Provinsi Maluku, AKBP Handy Herdigdo mengatakan, Polda Maluku selalu memantau paham radikal di ruang digital dan dunia maya.

“Polda Maluku selalu mengawasi gerak-gerik di media masa dan kami juga mengingatkan, untuk selektif menggunakan media sosial dengan tidak menyebarkan paham radikalisme dalam akun pribadi,” pungkasnya. (FW/LINES)

The post Polda-LDII Maluku Bersinergi Cegah Radikalisme dan Terorisme appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/polda-ldii-maluku-bersinergi-cegah-radikalisme-dan-terorisme/

built with : https://erahajj.co.id