Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

LDII Dorong UB dan BMT Bekerja Sama dengan BSI Bentuk Ekosistem Ekonomi Syariah

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 04 Juni 2022, 16:07:34

Yogyakarta (4/6). DPW LDII Daerah Istimewa Yogyakarta dan DPW LDII Jawa Tengah menghelat sosialisasai MoU LDII dan BSI, pada Rabu (1/6). Kegiatan yang diikuti PC/PAC dan DPD LDII se-Yogyakarta dan Jateng itu, dalam rangka menjalin kerja sama dengan Bank Syariah Indonesia di tingkat regional.

Kehadiran BSI tersebut, untuk membantu pembiayaan Usaha Bersama (UB), Baitul Mal wa Tamwil (BMT), dan pembuatan rekening masjid LDII di seluruh tingkatan.

Ketua DPP LDII Bidang Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat, Ardito Bhinadi mengatakan, LDII merupakan Ormas Islam yang pertama menjalin kerja sama dengan BSI secara resmi. Ditandai dengan penandatangan MoU antara DPP LDII dan BSI Pusat pada Februari lalu.

“Alhamdulilah sejak Bulan Januari 2022 lalu, DPP LDII dan BSI terus berkomunikasi, berkoordinasi dan mengevaluasi implementasi dari kerja sama yang telah ditandatangani pada Bulan Februari 2022 antara Ketum LDII dan pihak BSI,” ujarnya.

Dosen Ilmu Ekonomi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta itu mengatakan, bentuk kerjasama LDII dan BSI tidak sebatas penandatangan nota kesepahaman, pihaknya terus mengevaluasi dan memantau sejauh mana wilayah-wilayah mensosialisasikan MoU LDII dan BSI tersebut. Sekaligus mengimplementasikan kerja sama dengan BSI tingkat regional dan cabang.

“Dengan evaluasi itu bisa dipetakan berapa DPW, DPD bahkan tingkat Pimpinan Cabang (PC) yang sudah bekerjasama dengan BSI. Kami memerlukan BSI karena untuk mengembangkan ekosistem ekonomi syariah di LDII maupun secara umum di Indonesia,” urainya.

Penulis buku “Muamalah Syariah Hidup Barokah” itu mengatakan, pihaknya mendorong unit usaha reel dan perbankan yang bernaung di bawah LDII agar menggunakan pembiayaan syariah sehingga bisa terhindar dari transaksi riba. “Kami tentu sebagai lembaga dakwah Islam Indonesia, pilihan kami adalah transaksi secara syariah,” tambahnya.

Ia berharap, dengan adanya Kerjasama LDII dengan BSI di masing-masing tingkatan dapat memberikan dana segar dalam pengembangan UB, BMT dan UMKM yang dikelola warga LDII. Menurutnya, sektor usaha yang dikelola warga LDII ikut terimbas akibat pandemi Covid-19.

“Kami menginginkan agar UB dan BMT berkembang dan meningkat kapasitasnya dengan pembiyaan dari BSI maupun kerjasama-kerjasama yang lain, di antara BSI Smart, itu semua akan membantu kinerja dan kapasitas UB, BMT dan sekot usaha lainnya,” tutupnya.

Sementara itu, Regional Chief Executive Officer (RCEO) Regional Office 8 Semarang, Imam Hidayat Sunarto mengatakan, pihaknya berkomitmen membantu unit usaha yang bernaung di bawah LDII. Ia berharap, dengan adanya pembiayaan dari BSI, dapat menciptakan ekosistem ekonomi syariah yang baik.

“Harapan kami program-program atau produk dari BSI sejalan dengan program LDII. Yang pada akhirnya kita akan bersama-sama untuk mampu memperkuat dan mengembangkan ekosistem ekonomi syariah di Indonesia,” ujarnya.

Ia menegaskan, akan mendorong BSI Cabang untuk gayung bersambut memberdayakan ekonomi syariah warga LDII di akar rumput. Ia menyadari, akan ada beberapa kendala yang dihadapi di lapangan.

“Kami akan instruksikan kepada segenap cabang yang ada di Jateng dan Yogyakarta untuk segera silaturahim dan merapat ke DPD yang ada di 2 DPW LDII tersebut. Sehingga warga LDII, kebutuhannya bisa seluruhnya bisa kami layani oleh cabang-cabang terdekat dengan warga LDII,” tambahnya.

Dalam sesi tanya jawab, banyak warga LDII yang tertarik dengan layanan tabungan haji. Imam berharap, layanan tersebut dapat dimanfaatkan oleh warga LDII, sebab mudah diakses menggunakan _smartphone_.

“Terkait dengan tabungan haji, tadi disampaikan, untuk mendaftar guna mendapat porsi haji, sekarang sudah bisa dilayani melalui BSI _Mobile_. Tidak pelu datang ke kantor cabang, semua sudah terlayani melalui BSI _Mobile_,” tutupnya.

The post LDII Dorong UB dan BMT Bekerja Sama dengan BSI Bentuk Ekosistem Ekonomi Syariah appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/ldii-dorong-ub-dan-bmt-bekerja-sama-dengan-bsi-bentuk-ekosistem-ekonomi-syariah/

built with : https://erahajj.co.id