Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Karya Bakti Lebaran 2022 Jadi Pengamalan Satya dan Dharma Sako SPN DKI Jakarta

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 09 Mei 2022, 03:39:45

Jakarta (9/5). Satuan Komunitas Sekawan Persada Nusantara (Sako SPN) menghelat Karya Bakti Lebaran, yang merupakan pengabdian masyarakat untuk memberikan layanan, panduan dan bantuan kepada masyarakat saat melaksanakan mudik lebaran Idul Fitri, maupun saat pelaksanaan salat Idul Fitri atau Idul Adha sehingga masyarakat yang hendak mudik merasa terbantu.

Pimpinan Sako Daerah (Pinsakoda) DKI Jakarta, Isnan Lasti Mulyo menginstruksikan Sakocab yang ada di wilayah DKI Jakarta untuk bisa berpartisipasi dalam kegiatan Karya Bakti Lebaran. Menurutnya, Karya Bakti Lebaran merupakan ajang pendidikan kepramukaan berbasis kerja nyata, yang diharapkan dapat meningkatkan kepekaan dan kepedulian sosial para peserta didik terhadap masyarakat, bangsa dan negara.

“Karya Bakti Lebaran merupakan ajang pengabdian masyarakat bagi anggota dewasa gerakan Pramuka sebagai salah satu bentuk pengamalan Satya dan Darma,” ujarnya.

Menyikapi hal tersebut, Sakocab SPN se-DKI Jakarta turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut dengan melibatkan lebih dari 50-an anggota Pramuka penggalang, penegak dan pandega dalam Karya Bakti Lebaran dengan menjadi panitia pelaksana kegiatan Salat Idul Fitri.

“Kegiatan ini pun dilakukan di beberapa lokasi di DKI Jakarta, antara lain Jakarta Timur, Jakarta Utara, Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat. Ini menjadi kegiatan rutin baik pada saat Idul Fitri maupun Idul Adha setiap tahunnya,” tuturnya.

Isnan menjelaskan, kegiatan yang dilakukan dalam Karya Bakti Lebaran diantaranya, penyiapan personil kepanitiaan yang akan bertugas. Kemudian panitia mempersiapkan tempat serta lokasi pelaksanaan salat Idul Fitri yang dilaksanakan di area lapangan terbuka.

“Kedua, panitia membuat pemberitahuan kegiatan dan berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Muspika (Camat/lurah, Kapolsek dan Danramil), Kwaran dan Kwarcab, tentang tata cara pelaksanaan salat Idul Fitri. Dengan berbekal keterampilan pramuka yang sudah dimiliki, anggota Sakocab bekerja sama dalam membuat shaf salat, pengaturan tempat wudhu, saluran air dan listrik guna keperluan jemaah salat, hingga ketertiban lalu lintas kendaraan sekitar lapangan,” tambahnya.

Terakhir, lanjut Isnan, panitia mempersiapkan teknis, aturan, serta tata tertib pelaksanaan salat Idul Fitri agar berjalan aman, lancar dan tetap sesuai protokol kesehatan. “Dalam hal ini, panitia juga berkoordinasi langsung dengan DPD LDII dan Senkom Mitra Polri di wilayahnya masing-masing,” tambahnya.

Ia juga menginstruksikan agar anggota Pramuka yang ada di Sakocab dan Gudep bisa berkoordinasi dengan Kwartir sesuai jenjangnya baik di Kwaran, Kwarcab maupun Kwarda di masing-masing Kota dan Kabupaten dalam kegiatan Karya Bakti Lebaran. Selain itu, juga dapat mendukung dan menyelaraskan program yang ada di masing-masing Kwartir. (Ariyani/FS/LINES)

The post Karya Bakti Lebaran 2022 Jadi Pengamalan Satya dan Dharma Sako SPN DKI Jakarta appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/karya-bakti-lebaran-2022-jadi-pengamalan-satya-dan-dharma-sako-spn-dki-jakarta/

built with : https://erahajj.co.id