Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Potret Toleransi Beragama, DPD LDII Kota Depok Gelar Salat Id di Lapangan Gereja Bethel Indonesia

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 09 Mei 2022, 03:13:38

Depok (9/5). Toleransi antar umat beragama dapat terasakan melalui pelaksanaan salat Idul Fitri 1 Syawal 1443 H oleh DPD LDII Kota Depok, di Lapangan Yayasan Lembaga Cornelis Chastelein (LCC), pada Senin (2/5/22). Kegiatan ini telah berlangsung selama 25 tahun yang digerakkan langsung oleh Pramuka SAKO SPN Cabang Kota Depok.

Menurut Ketua DPD LDII Kota Depok, Choirul Baihaqi, kegiatan ini sebagai bentuk dari nilai-nilai luhur antar umat beragama agar terjalin kerukunan dan kekompakan di dalamnya. “Salat Idul Fitri di LCC ini menjadi tolak ukur kita dalam menghormati keberagaman agama di Indonesia serta bertoleransi agar tercipta lingkungan masyarakat yang rukun dan damai,” ujarnya.

Baihaqi menambahkan, Indonesia memiliki beragam budaya dan agama. “Ada 5 agama yang diakui oleh negara (Islam, Kristen, Bhudha, Hindu dan Konghucu). Dengan menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan, setiap agama harus bersatu padu untuk menciptakan kondisi negara yang lebih baik, tentaran dan aman,” pungkas Baihaqi.

Pendeta Gereja Bethel Indonesia, Gultom menambahkan bahwa kerja sama dalam beribadah ini merupakan implementasi nilai Pancasila pertama dan ketiga. “Kami senang bisa mengambil bagian dari kegiatan ini. Indahnya keragaman dengan saling menopang dan mendukung, saya percaya bila ditingkatkan, maka akan memperkuat persaudaraan,” ujar Gultom.

Meski sempat terhalang pandemi Covid-19 yang membatasi aktivitas masyarakat. Melalui surat edaran MENAG SE/08/ TH 2022 bahwa pelaksanaan salat Idulfitri 1 Syawal 1443 H dapat di masjid atau lapangan terbuka dengan memperhatikan protokol kesehatan, inilah acuan LDII untuk menyelenggarakan kembali Salat Ied berjamaah.

The post Potret Toleransi Beragama, DPD LDII Kota Depok Gelar Salat Id di Lapangan Gereja Bethel Indonesia appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/potret-toleransi-beragama-dpd-ldii-kota-depok-gelar-salat-id-di-lapangan-gereja-bethel-indonesia/

built with : https://erahajj.co.id